--> Skip to main content
Menu

Pengertian Kabel Duct Fungsi dan Jenis-jenisnya

Kabel duct sering kali terlihat dalam dunia perkabelan. Kabel duct menjadi salah satu perlengkapan listrik yang wajib ada dalam instalasi listrik. Apa itu kabel duct? Selain dapat digunakan untuk merapikan kabel apa saja fungsi kabel duct? Bagi kamu yang belum tahu apa itu kabel duct bisa menyimak penjelasannya berikut ini. Karena di sini akan kami bahas mulai dari pengertian kabel duct, fungsi dan jenis kabel duct.

Pengertian Kabel Duct

Pengertian Kabel Duct

Kabel duct adalah salah satu perlengkapan untuk instalasi kabel yang berupa rumahan kabel. Secara khusus kabel duct digunakan untuk rumahan kabel yang akan diinstal di bawah permukaan tanah yang ditaruh pada pipa-pipa di bawah permukaan tanah. Kabel duct sengaja ditaruh di bawah tanah bertujuan supaya jauh dari jarak pandang. Hal itu karena kabel ini mempunyai tekanan yang tinggi dan sewaktu-waktu bisa berbahaya. Biasanya Kabel duct dibuat dari bahan material PVC dengan berbagai variasi warna. Meskipun demikian, ada pula kabel duct yang dibuat dari bahan baja yang tahan terhadap karat. Tentunya harga kabel duct berbeda-beda jika dilihat dari bahan material untuk pembuatannya.

Fungsi Kabel Duct

Kegunaan kabel duct yang utama mirip dengan kabel tray yang digunakan untuk pelindung kabel instalasi listrik. Akan tetapi kabel duct juga mempunyai beberapa fungsinya atau kegunaan yang lainnya. Untuk lebih jelasnya berikut ini adalah penjelasannya.

1. Koordinasi jaringan kabel bawah tanah

Kabel duct memiliki peran yang sangat penting sebagai coordinator jaringan yang diletakkan di permukaan bawah tanah. Dalam hal ini umumnya kabel duct yang digunakan yaitu kabel duct yang berbahan baja atau besi yang bisa tahan untuk jangka waktu yang lama jika dimasukkan ke dalam tanah.

2. Merapikan kabel

Dalam instalasi listrik, kabel duct juga dapat berfungsi untuk merapikan tatanan kabel sehingga lebih rapi dan aman. Fungsi ini sangat diperlukan pada instalasi listrik di berbagai bidang, terutama pada area pembangunan. Selain rapi, dengan menggunakan kabel duct perawatan instalasi kabel juga menjadi lebih mudah dilakukan.

3. Pemberi informasi

Kabel duct juga dapat digunakan sebagai pemberi informasi. Dimana ketika terjadi kerusakan pada masing-masing jaringan, maka kabel duct dapat memberikan informasi. Dengan demikian, maka akan memberikan kemudahan untuk melakukan penanganan kerusakan yang terjadi pada jaringan tersebut.

Jenis Kabel Duct

Adapun beberapa jenis kabel duct diantaranya adalah sebagai berikut ini:

1. Kabel duct trunking

Kabel duct trunking adalah jenis kabel duct yang paling sederhana jika dibandingkan dengan jenis kabel duct yang lain. Kabel duct jenis ini biasanya banyak digunakan di rumah-rumah.Tujuannya yaitu supaya kabel dapat terlindungi dari debu dan juga air yang bisa menimbulkan terjadinya konsleting. Kabel duct trunking berbentuk kotak atau persegi panjang yang di salah satu sisinya bisa dibuka dan juga ditutup. Akan tetapi, ada pula yang berbentuk lainnya misalnya seperti trapesium ataupun setengah lingkaran.

2. Kabel Floor Duct

Kabel floor duct banyak diletakan di permukaan lantai. Bentuk kabel floor duct berbentuk oval dengan berbagai macam ukuran. Dibuat oval tujuannya yaitu agar orang tidak tersandung dan tidak membahayakan.

3. Kabel crave floor duct

Sesuai namanya, kabel crave floor duct mempunyai bentuk yang mirip gundukan kubah. Kabel crave floor duct biasanya banyak digunaan untuk instalasi listrik pada perkantoran maupun rumahan. Umumnya kabel crave floor duct banyak yang terbuat dari bahan PVC. Selain itu jenis kabel ini juga banyak digunakan khusus untuk melakukan pemasangan kabel duct dengan memakai double tape.

Demikian penjelasan tentang pengertian kabel duct, fungsi dan jenis-jenisnya. Semoga penjelasan yang telah kami tulis dalam blog ini dapat bermanfaat.