--> Skip to main content

Cara Belajar Bermain Gitar Untuk Pemula

Dilansir dari situs Krjogja, gitar bersenar merupakan salah satu instrument yang terpopuler di dunia. Hal tersebut karena gitar bersenar merupakan alat musik yang menyenangkan untuk dimainkan, mudah dipelajari, dan bisa digunakan untuk berbagai genre.

Cara Belajar Bermain Gitar Untuk Pemula

Bagi seorang pemula yang baru belajar bermain gitar tentu akan membutuhkan waktu untuk belajar kunci-kunci dasarnya. Nah, supaya lebih mempermudah dan mempersingkat waktu belajar, maka pada kesempatan kali ini kami akan bagikan tentang cara belajar bermain gitar untuk pemula. Seperti apakah caranya simak penjelasan dalam artikel ini sampai selesai

Cara Belajar Bermain Gitar Untuk Pemula

Berikut ini adalah cara belajar bermain gitar untuk pemula yang bisa menjadi panduan kamu dalam belajar bermain gitar.

Pelajari dulu kunci-kunci dasar gitar

Untuk mengawali kamu dalam bermain gitar, kamu perlu tahu dulu apa saja kunci dasar bermain gitar. Gitar mempunyai 6 senar yang mempunyai ketebalan yang berbeda-beda dengan bunyi yang berbeda. Selain itu suara gitar juga tergantung pada jenis gitar yaitu gitar akustik dan gitar elektrik. Selain berbeda dalam hal suara, gitar akustik dengan elektrik juga berbeda pada batian tuningnya. Meskipun demikian, keduanya tetap mempunyai kunci gitar yang sama. Adapun kunci dasar gitar yaitu sebagai berikut:

kunci-kunci dasar gitar

Pastikan nyaman saat memegang gitar

Setelah hafal dengan kunci gitar, selanjutnya yaitu menentukan posisi gitar yang nyaman. Sebagai seorang pemula, kamu sebaiknya memulainya dengan memangku gitar sambil duduk. Tegakkanlah punggung dan pegang ujung senar gitar. Apabila gitar dirasa terlalu rendah, maka kamu bisa mengontrol ketinggiannya dengan bantuan pahamu.

Pelajarilah cara tuning

Cara pertama untuk tuning gitar yaitu mempelajari nama-nama senar. Seperti yang telah diketahui bahwa gitar mempunyai 6 senar yang memiliki ketebalan menipis dari bawah ke atas. Secara standar urutan senar gitar yaitu E, A, D, G, B, dan E. Kamu dapat mengatur tune senar di bagian tuner pada ujung gitar. Apabila kamu ingin memainkan nada tinggi, maka kamu bisa mengencangkan senar gitar. Begitu sebaliknya, apabila kamu ingin memainkan nada rendah, kamu bisa melonggarkan senarnya sesuai dengan nada yang kamu butuhkan.

Mulailah memetik gitar

Mulailah memetik gitar untuk memainkan instrumen. Kamu bisa menggunakan semua jarimu untuk memetik gitar. Posisikan ibu jarimu pada senar yang paling atas untuk memetik bas pada senar nomor 6, 5, dan 4. Sedangkan jari telunjuk dapat kamu gunakan untuk memetik senar nomor 2, dan jari manis untuk memetik senar nomor 1.

Melatih memori otot tangan

Ketika pertama kalinya kamu bermain gitar, jangan kaget jika jari-jarimu langsung merasa keram. Namun, keram jari akan hilang dengan sendirinya apabila kamu melakukan latihan secara rutin. Melatih jari bermain gitar dapat mengasah otak dan ingatan supaya bisa terbiasa dengan posisi senar dan kunci gitarnya.

Pilih lagu yang paling mudah

Sebagai seorang pemula, untuk memulai latihan kamu bisa memilih lagu yang paling mudah untuk dimainkan. Latihlah jari-jarimu dan ingatlah kunci dasar gitar yang digunakan pada lagu tersebut hingga kamu bisa terbiasa memainkannya.

Pelajarilah melodi

Jika kemampuanmu sudah lebih meningkat dari sebelumnya, maka kamu bisa belajar tentang melodi. Adapun cara yang dapat kamu lakukan untuk belajar melodi yaitu:

  • Membaca tabulasi atau proses penempatan data dalam bentuk table yang berisikan not.
  • Memahami scale yang bisa dimulai dengan pentatonic scale.
  • Memahami improvisasi yaitu menebak nada lagu dan mencoba memainkannya.

Teruslah latihan hingga menjadi lebih mahir

Berlatihlah secara rutin. Mungkin hal ini terlihat sepele, tetapi ini menjadi satu-satunya cara supaya kita mahir dalam bermain gitar. Dengan berlatih secara teratur maka seiring berjalannya waktu akan ada banyak hal dalam permainan gitar yang akan kamu kuasai.

Apabila kamu tertarik untuk belajar bermain gitar, tetapi tidak tahu harus mulai darimana, maka mungkin cara belajar bermain gitar untuk pemula diatas dapat membantumu. Semoga penjelasan tersebut dapat beramanfaat.

Buka Komentar
Tutup Komentar