Skip to main content

Pengertian Variabel Intervening dan Contohnya

Pengertian variabel intervening dan contohnya – Penelitian merupakan sebuah kegiatan mencari tahu atas suatu hal secara sistematis dengan metode ilmiah dan kebijakan serta aturan yang berlaku. Dalam penelitian terdapat variabel penelitian yang menjadi komponen sekaligus objek yang menjadi titik fokus dalam sebuah proses penelitian. Variabel penelitian sendiri ada beraneka macam salah satunya yaitu variabel intervening (mediator/ mediasi). Apa itu variabel intervening dalam penelitian? Bagi teman-teman yang sering melakukan penelitian tentunya sudah tahu dengan apa yang dimaksud variabel intervening. Namun bagi yang belum pernah tentunya masih bingung seperti apakah variabel intervening itu. Untuk itu pada pembahasan ini kami akan mengulas tentang arti variabel intervening agar teman-teman bisa paham dengan apa yang dimaksud dengan variabel intervening tersebut. Selain itu untuk menambah pengetahuan kita di sini juga kami sertakan penjelasan tentang definisi variabel intervening menurut para ahli, juga contoh variabel intervening, beserta dengan perbedaan variabel intervening dan moderator. Silahkan simak penjelasannya berikut ini.

Pengertian Variabel Intervening dan Contohnya

Pengertian Variabel Intervening (Antara)

Pengertian variabel intervening adalah variabel yang secara teoritis mempengaruhi hubungan antara variabel independen dengan dependen menjadi hubungan yang tidak langsung. Dapat juga diartikan bahwa variabel intervening adalah variabel yang dapat memperlemah dan memperkuat hubungan antar variabel (variabel moderator), tetapi tidak dapat diukur & diamati. Variabel mediasi atau intervening letaknya berada di antara variabel independen dengan dependen sehingga variabel dependen tidak dapat langsung terpengaruh oleh variabel independen.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Pengertian Variabel Intervening Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah definisi variabel intervening menurut para ahli:

  • Pengertian variabel intervening menurut sugiyono (2007), bahwa variabel intervening adalah sebuah variabel yang secara teoritis mempengaruhi hubungan antara variabel bebas (independen) dan variabel terkait (dependen) menjadi hubungan yang tidak langsung dan tidak bisa diukur dan diamati. Variabel intervening merupakan variabel antara/ penyela yang terletak di antara variabel bebas (independen) dan variabel terkait (dependen), sehingga variabel independen tidak secara langsung mempengaruhi timbulnya atau berubahnya variabel dependen.
  • Pengertian variabel intervening menurut Holmbeck (1997, p. 599), bahwa Variabel mediasi (intervening) adalah variabel yang menentukan bagaimana (atau mekanisme yang dengannya) efek yang diberikan terjadi antara variabel independen dan variabel dependen.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Contoh Variabel Intervening

Contoh variabel intervening adalah sebagai berikut:

Diterapkan kebijakan harga baru diikuti peningkatan volume penjualan, sebab pembeli bersifat rasional.

  • Diterapkan kebijakan harga baru (variabel Independen).
  • Diikuti peningkatan volume penjualan(variabel depanden).
  • Sebab pembeli bersifat rasional (variabel Intervening).

Hubungan antara kualitas pelayanan dengan kepuasan konsumen dan loyalitas.

  • Hubungan antara kualitas pelayanan (variabel independen).
  • Kepuasan konsumen (variabel intervening).
  • Loyalitas (variabel dependen).

Contoh variabel intervening dalam pendidikan: Teerdapat pengaruh jumlah biaya pendidikan yang dikeluarkan oleh orang tua terhadap gaya hidup mahasiswa dan akan berimbas pada IPK mahasiswa tersebut.

  • Jumlah biaya pendidikan (variabel independen).
  • IPK mahasiswa (variabel dependen).
  • Gaya hidup (variabel intervening).
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Perbedaan Variabel Intervening dan Moderator

Perbedaan antara variabel intervening dan moderating adalah tergambar sebagai berikut ini:

Tinggi rendahnya penghasilan secara tidak langsung akan mempengaruhi harapan hidup. Di sini terdapat variabel antara yaitu gaya hidup seseorang. Antara variabel penghasilan dan gaya hidup terdapat variabel moderator yaitu budaya lingkungan.

Perbedaan Variabel Intervening dan Moderator

Perhatikan gambar dua model di atas, terdapat perbedaan yang sangat mendasar yaitu:

  • Variabel intervening (mediator/mediasi) berada dalam satu jalur hubungan sedangkan variabel moderator berada di luar jalur.
  • Variabel intervening (mediator/ mediasi) dipengaruhi oleh variael independen dan mempengaruhi variabel dependen, sedangkan variabel moderator lebih banyak tidak.
  • Ciri khas variabel interening atau mediator (terutama dalam penelitian keperilakuan/ sosial) adalah mudah berubah, misalnya rasa puas, sedih, benci, emosi, mood dan lain-lain. Sedangkan variabel moderator lebih susah berubah seperti masa kerja, usia, kepribadian, budaya dan lain-lain.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Demikian penjelasan yang dapat kami tuliskan tentang pengertian variabel intervening dan contohnya, beserta perbedaan variabel intervening dan moderator. Semoga apa yang telah kami tulis dalam blog temukan pengertian di atas dapat bermanfaat.

    Buka Komentar
    Tutup Komentar