Skip to main content

Pengertian Jump Start Drag Bike dan Cara Start Darag Bike

Pengertian jump start drag bike – Dalam balapan drag bike pastinya kita sering mendengar sebuah istilah yaitu “jump start”. Apa itu jump start drag bike? Bagi teman-teman pemain atau pembalap drag bike pasti sudah tahu artinya, namun bagi orang awam tentunya masih bertanya-tanya tentang arti jump start dalam drag bike. Maka dari itulah pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan secara singkat tentang definisi jump start dalam drag bike, agar yang belum tahu bisa mengetahuinya.

Pengertian Jump Start Drag Bike

Pengertian Jump Start Drag Bike

Arti jump start dalam drag bike adalah situasi di mana seorang pembalap sudah lebih dulu memacu kendaraannya meninggalkan posisi start sebelum tanda balapan diulai (Sebalum lampu hijau menyala). Dengan kata lain jump start adalah mencuri start.

Jump Start (lampu merah menyala) terjadi jika, pembalap bergerak meninggalkan area start sebelum lampu hijau menyala. Jump Start bisa dilihat ketika lampu putih ke 2 (STAGE) mati sebelum lampu hijau menyala, yang dapat menyeabkan lampu merah menyala (jump start).

Pengertian Jump Start Drag

Bagi pembalap drag bike yang melakukan “jump start” maka akan dikenakan sanksi yaitu diskualifikasi. Baik itu dilakukan dengan sengaja maupun tidak sengaja. Jadi bagi para pembalap drag jika tidak ingin didiskualifikasi jangan melakukan jump start.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Cara Start Drag Bike

Start itu dilakukan ketika lampu hijau menyala (Lampu Start Chrismas Tree). Lampu start berada di tengah lintasan dengan jarak 3-4 meter dari garis start/ gerbang start dengan ketinggian antara 2-2,5 meter dari permukaan lintasan. Selain itu pada saat pembalap melakukan start roda depan harus berada di antara 2 garis start dalam keadaan statis (diam). Garis start berupa 2 garis lurus yang sejajar melintang di lintasan dengan jarak 50 cm. Pada lampu start terdapat sebuah sensor jump start yang sejajar dengan garis luar. Sensor jump start merupakan sensor untuk mencegah pembalap melakukan jump start ketika lampu menyala dalam kondisi warna kuning.

Pengertian Jump Start Drag
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Demikian penjelasan singkat yang dapat kami tulis tentang pengertian jump start drag bike beserta dengan cara start drag bike. Semmoga penjelasan dalam blog temukan pengertian ini bisa bermanfaat.

Buka Komentar
Tutup Komentar