--> Skip to main content
Menu

Pengertian Gaya Hidup Sosialita – Ciri-Ciri Dan Dampaknya

Berdasarkan situs Gaya Hidup Berkelanjutan www.crispinguest.com gaya hidup seseorang itu tergantung pada ekonomi dan kesukaan tiap-tiap individu. Ada seseorang yang gaya hidupnya sederhana, menengah dan ada pula yang gaya hidupnya tinggi atau yang dikenal dengan gaya hidup sosialita. Gaya hidup sosialita ini semakin marak di tengah perkembangan zaman seperti saat ini. Lalu apa itu gaya hidup sosialita? Nah bagi kamu yang belum begitu paham, maka dalam pembahasan ini akan kami uraikan tentang pengertian gaya hidup sosialita, ciri-cirinya hingga dampak yang ditimbulkannya.

Pengertian Gaya Hidup Sosialita

Pengertian Gaya Hidup Sosialita?

Pengertian gaya hidup sosialita adalah gaya hidup yang lebih banyak memperlihatkan kemewahan, membeli barang yang harganya mahal dan hedonisme. Selain itu makan makanan yang mahal, membeli banyak barang berharga dan bermerek juga merupakan bentuk gaya hidup sosialita.

Kata sosialita sendiri sebenarnya berasal dari serapan bahasa Inggris yaitu socialite yaitu seseorang yang menjadi strata social elite. Sosialita identik dengan sekumpulan orang yang mempunyai derajat yang tinggi dikarenakan ekonomi yang tinggi. Namun, seiring dengan kemajuan zaman dan perkembangan teknologi, banyak orang yang memaksakan diri untuk menjadi kaum bergaya hidup sosialita dengan meminjam uang untuk memenuhi gaya hidupnya.

Banyak yang menyebutkan bahwa gaya hidup sosialita ini identik dilakukan oleh wanita. Namun tidak menutup kemungkinan gaya hidup sosialita juga dilakukan oleh para kaum pria. Gaya hidup sosialita ini erat kaitannya dengan hedonisme. Hedonisme merupakan suatu pandangan hidup yang mementingkan kesenangan di atas segalanya ketimbang kebutuhannya.

Gaya hidup sosialita ini lebih mengedepankan hal-hal secara berlebihan sehingga dipandang mempunyai derajat yang lebih tinggi. Padahal, melakukan sesuatu secara berlebihan itu tidak dapat dibenarkan meskipun mempunyai ekonomi yang cukup atau lebih. Hal tersebut dikarenakan melakukan sesuatu secara berlebihan berkaitan dengan sifat boros, suka pamer dan berfoya-foya dalam menjalani kehidupan.

Ciri Gaya Hidup Sosialita

Adapun beberapa ciri-ciri gaya hidup sosialita diantaranya yaitu sebagai berikut:

  • Berbelanja barang atau fashion yang mahal secara berlebihan.
  • Nongkrong di kafe yang mahal.
  • Makan makanan di restoran yang mahal.
  • Pamer barang yang dimilikinya.
  • Arisan dalam jumlah yang besar.
  • Hedonisme.
  • Berfoya-foya.

Dampak Gaya Hidup Sosialita

Setelah tahu ciri-ciri gaya hidup sosialita, maka juga perlu tahu dampak yang ditimbulkan jika melakukan gaya hidup sosialita. Adapun beberapa dampak gaya hidup sosialita yaitu sebagai berikut:

1. Materialistis

Gaya hidup sosialita dapat menyebabkan materialistis karena dirinya merasa mempunyai ekonomi dan harta yang banyak sehingga dapat melakukan apa saja yang diinginkan. Apabila seseorang telah merasa kalau dirinya termasuk dalam kaum sosialita, maka akan mempunyai keinginan untuk memamerkan segala sesuatu yang dimilikinya tersebut dan merasa dirinya lebih tinggi.

2. Konsumtif

Dampak gaya hidup sosialita selanjutnya yaitu bersifat konsumtif, Konsumtif terhadap barang, makanan, maupun hal lain yang diinginkan. Dalam hal ini orang yang bergaya hidup sosialita akan mempunyai keinginan untuk membeli apapun yang diinginkannya padahal hal tersebut bukan merupakan sesuatu yang dibutuhkannya.

3. Tidak bertanggung jawab

Dampak yang ditimbulkan gaya hidup sosialita selanjutnya yaitu tidak bertanggung jawab. Hal ini karena orang yang mempunyai gaya hidup sosialita hanya menghabiskan waktunya untuk belanja, berfoya-foya, menghabiskan banyak uang, sehingga tidak bertanggung jawab karena tidak bisa memanfaatkan waktu yang dimilikinya untuk hal-hal yang lebih penting.

Demikian penjelasan yang dapat kami tuliskan tentang pengertian gaya hidup sosialita beserta dengan ciri-ciri dan dampaknya. Semoga penjelasan yang telah kami tulis di atas dapat bermanfaat.