--> Skip to main content

Pengertian Pemrograman - Jenis dan Fungsi Pemrograman

Dengan semakin berkembangnya teknologi seperti sekarang ini, pemrograman komputer menjadi semakin popular. Para mahasiswa yang kuliah di jurusan komputer banyak yang belajar tutorial pemrograman terupdate dengan harapan agar mereka bisa mendapatkan pekerjaan yang baik di perusahaan teknologi impian seperti Microsoft, Google, Apple, Facebook, dan lain-lain. Lalu apa itu pemrograman? Untuk apa fungsinya dan apa saja jenisnya? Silahkan simak penjelasan lengkapnya dalam artikel ini.

Pengertian Pemrograman

Pengertian Pemrograman

Pemrograman adalah suatu proses pembuatan program di komputer. Pembuatan program tersebut dapat berupa software, website, aplikasi android, aplikasi ios dan lain-lain. Pemrograman dilakukan dengan beberapa tahapan, mulai dari menulis, menguji, merevisi (debug), hingga pengujian kembali. Tahapan-tahapan tersebut terus menurus dilakukan hingga jadi program sesuai apa yang diinginkan. Dapat pula dikatakan bahwa pemrograman ialah suatu bentuk kumpulan kode-kode perintah dari bahasa-bahasa program yang ditulis, kemudian diuji dan dikembangkan menjadi suatu program.

Untuk mempelajari pemrograman selain dengan kuliah di jurusan komputer, juga bisa belajar secara otodidak di situs-situs pemrograman seperti sahretech. sahretech merupakan situs web yang berisikan tutorial pemrograman php, javascript, html, flutter, laravel, mysql, vue js. Sahretech juga menulis tutorial komputer terlengkap lainnya dan informasi tentang komputer, yang cocok sebagai referensi anak kuliah IT.

Fungsi pemrograman

Adapun fungsi pemrograman adalah untuk memberikan intruksi atau perintah kepada komputer sehingga manusia bisa memerintahkan mesin secara spesifik, tentang apa yang harus dilakukannya. Bahasa pemrograman sebagai sarana komunikasi antara manusia dengan komputer, memungkinkan komputer untuk memproses data sesuai jalur sistematis yang dibuat oleh penerjemah. Selain itu bahasa pemrograman juga dapat membuat mesin menjadi lebih mudah digunakan sehingga dapat membantu mengurangi pekerjaan manusia.

Jenis Pemrograman

Ketika membuat suatu program dalam perangkat teknologi, terdapat 3 jenis program yang dapat kita temukan. Adapun penjelasannya adalah sebagai berikut ini:

1. Pemrograman sistem operasi

Dari semua jenis pemrograman, pemrograman system operasi merupakan jenis pemrograman yang paling penting dan menjadi jenis pemrograman yang pertama. Hal tersebut dikarenakan dengan pemrograman sistem operasi kita bisa menggunakan semua jenis program yang dijalankan di komputer.

Salah satu pemrograman sistem operasi yang popular dan banyak digunakan di seluruh dunia adalah sistem operasi windows. Hal itulah yag membuat para vendor teknologi komputer di dunia banyak yang memakai windows. Selain windows, salah satu pemrograman sistem operasi yang juga popular dan banyak digunakan adalah Linux. Linux dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman C. Hal tersebut mungkin karena Linux bersifat open source, dimana dalam hal ini siapa saja bisa membaca source code yang ada di dalamnya.

2. Pemrograman Aplikasi

Untuk dapat membangun sebuah program atau aplikasi, maka bisa menggunakan bahasa pemrograman seperti Java, Delphi, C/++/C#, Python, VISUAL FOXPRO, dan Visual Basic. Aplikasi yang dapat dihasilkan misalnya seperti editor teks, pemutar video, penampil gambar, hingga aplikasi kantor untuk pemrosesan data, pemrosesan foto atau gambar dan masih banyak yang lainnya.

3. Pemrograman Web

Website merupakan kumpulan dari beberapa halaman web. Halaman web sendiri adalah file digital yang penulisannya menggunakan HyperText Markup Language (HTML). Website dibangun menggunakan sistem pemrograman dan jalinan berbagai sintaks bahasa pemrograman. Berbagai macam bahasa pemrograman web yang berbeda-beda itulah yang membuat sebuah website mempunyai tampilan yang menarik dan mudah digunakan meskipun yang menggunakannya orang awam.

Fungsi utama jenis pemrograman web yaitu untuk menyusun fungsional website supaya bisa menjadi lebih mudah untuk digunakan. Mekanisme pemrograman untuk membuat website bisa berjalan lebih dinamis, interaktif dan mempunyai daya fungsional yang tinggi. Adapun contoh jenis bahasa pemrograman umum yang biasa digunakan untuk membangun website yaitu PHP, Javascript, CSS dan JSP.

Demikian penjelasan yang dapat kami tuliskan tentang pengertian pemrograman, jenis dan fungsi pemrograman. Semoga penjelasan tersebut dapat bermanfaat.

Buka Komentar
Tutup Komentar