Skip to main content

Pengertian CSS dan Fungsinya

Pengertian CSS dan fungsinya – Salah satu bentuk kemajuan teknologi informasi di era modern ini yaitu semakin banyaknya penggunaan website. Pada saat kita browsing di internet pasti kita akan menemukan berbagai macam tampilan website yang beragam. Selain dari isi konten, terkadang tampilan website juga mempunyai pengaruh dalam hal SEO (search engine optimization). Dalam tampilan sebuah website ada dua elemen yang mempunyai peranan penting yaitu HTML dan CSS. Hampir setiap halaman website pasti terdapat dua eleman tersebut. Untuk HTML silahkan kamu baca: Pengertian HTML. Sedangkan untuk pengertian CSS dan fungsi CSS akan kami bahas dalam pembahasan ini. Sebelumnya sudah tahukah kamu dengan apa itu css dan fungsinya? Jika kamu belum tahu dengan apa yang dimaksud dengan css dan fungsinya, kamu bisa membacanya di sini. Di sini selain membahas tentang pengertian CSS beserta fungsinya juga membahas pengertian CSS menurut para ahli dan juga cara penulisan CSS.
Pengertian CSS dan Fungsinya

Pengertian CSS

Jelaskan arti dari CSS? CSS adalah singkatan dari Cascading Style Sheet yang merupakan kumpulan perintah yang dibentuk dari berbagai sumber yang disusun menurut urutan tertentu sehingga mampu mengatasi konflik style. Pengertian CSS adalah salah satu bahasa desain web yang mengatur komponen dalam suatu web supaya web lebih terstruktur dan lebih seragam. CSS seperti halnya styles pada aplikasi pengolahan kata Microsoft Word yang bisa mengatur beberapa style, misalnya subbab, heading, bodytext, footer, images, dan style lainnya untuk dapat dipakai bersama-sama dalam beberapa file. CSS biasanya digunakan untuk memformat tampilan halaman web yang dibuat dengan bahasa HTML dan XHTML.

CSS mampu mengatur warna body teks, ukuran gambar, ukuran border, warna mouse over, warna tabel, warna hyperlink, margin kiri/kanan/atas/bawah, spasi antar paragraf, spasi antar teks, dan parameter lainnya. Dengan adanya CSS memungkinkan kita untuk menampilkan halaman yang sama dengan format yang berbeda.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Fungsi CSS

Fungsi CSS pada web yaitu untuk merancang, mendesain, merubah dan membentuk halaman sebuah web atau blog dan isi dari halaman web tersebut yaitu tag-tah html. Logikanya fungsi CSS dalam html yaitu mengubah tag-tag html yang sederhana menjadi lebih menarik dan fungsional. Jadi fungsi CSS pada html sangatlah penting.

Fungsi CSS dalam pemrograman web yaitu untuk membedakan style atau konten dengan file atau dokumen web itu sendiri. Dapat dibilang kalau salah satu tolak ukur kualitas dari sebuah website yaitu dari style yang digunakan, dan di sini CSS mepunyai peranan yang sangat penting. Selain itu penggunaan CSS seakan-akan bisa dibuat menjadi library style yang dapat digunakan sewaktu-waktu, tergantung dari yang mengkreasikannya supaya bentuk tampilan antar web yang dibuat tidak sama. Dengan adanya CSS, maka seorang programmer bisa melakukan berbagai macam inovasi dan kreasi seindah mungkin karena dalam penggunaan CSS tidak ada batasan-batasan.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Pengertian CSS menurut Para Ahli

Berikut ini adalah pengertian CSS menurut para ahli dalam bukunya.
  • Pengertian CSS menurut Jayan (2010:2), menyatakan bahwa CSS adalah singkatan dari Cascading Style Sheet. Kegunaan CSS yaitu untuk mengatur tampilan dokumen HTML, sebagai contoh pengaturan jarak antar baris, teks, format border, warna bahkan hingga penampilan file gambar.
  • Pengertian CSS menurut Sibero (2013:112), mengungkapkan bahwa, Cascading Style Sheet yang artinya gaya menata halaman bertingkat, yaitu setiap satu elemen telah diformat dan mempunyai anak dan telah diformat, maka anak dari elemen tersebut mengikuti format induknya secara otomatis.
  • Pengertian CSS menurut Kadir dan Triwahyuni (2013:323), bahwa CSS adalah kode yang dimaksudkan untuk mengatur tampilah sebuah halaman web.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Cara Penulisan CSS

Berbeda dengan pembelajaran HTML, PHP dan Javascript yang mempunyai metode atau rumus tersendiri. Pada CSS, cara penulisan syntax CSS dapat dibilang paling mudah dibanding dengan HTML, PHP dan Javascript. Karena seorang programmer hanya perlu menambah pengetahuan tentang perintah atau intruksi untuk mendesain web secara menyeluruh. Pada CSS hanya perlu menulis stylenya saja yang terdiri dari selector id dan class. Sebagai contoh, apabila berfokus pada background, maka bisa diatur penggunaannya dengan image ataupun warna solid sebagai background, dan mengatur ukuran secara fixed atau sesuai degnan ukuran asli dan lainnya.

Apabila penulisan syntax CSS dijadikan satu dengan file HTML, maka biasanya bisa ditulis pada bagian Head, lain halnya dengan file Javascript yang dituliskan pada Body pada bagian akhir. Sedangkan apabila penulisan file CSS di tulis pada halaman tersendiri, maka tidak ada patokan yang khusus, tetapi perlu diperhatikan pada dokumen yang mengatur CSS harus ada perintah yang memanggil file CSS beserta dengan class-classnya.

Untuk mengetahui tentang macam-macam kode atau syntax CSS kamu bisa mencarinya di internet ada banyak sekali, ada yang secara utuh, ada juga yang dalam bentuk tutorial satu-persatu. Semua tergantung dari kamu sendiri mau menggunakan yang bagaimana untuk pembelajaran.

Sekarang ini juga sudah banyak paket pembelajaran tentang CSS secara lengkap seperti W3School dengan pembahasan tentang website secara menyeluruh dan Bootstrap yang sekarang ini cukup populer. Di dalam Bootstrap ini kamu bisa menemukan script secara otomatis untuk Front End Website (tampilan/ desain website) yang meliputi HTML dan CSS serta Javascript khusus untuk pengguna Bootstrap.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Itulah pembahasan dari kami tentang pengertian CSS dan fungsinya beserta cara penulisan CSS. Semoga pembahasan yang kami tulis pada blog temukan pengertian ini bisa bermanfaat untuk kita.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Tambahkan aplikasi Temukan Pengertian di smartphone tanpa install, buka Temukan Pengertian dengan browser Chrome di smartphone kemudian klik ikon 3 titikdi browser lalu pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya buka aplikasi Temukan Pengertian dari layar utama smartphone Anda.
Buka Komentar
Tutup Komentar