--> Skip to main content

Pengertian Psikologi Pendidikan - Ruang Lingkup dan Manfaatnya

Psikologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang kejiwaan dan juga tingkah laku manusia. Dalam psikologi sendiri ada yang namanya Psikologi Pendidikan. Nah, apa itu psikologi pendidikan? Mungkin diantara kamu ada yang belum tahu. Jika belum tahu kamu bisa menyimak penjelasan tentang pengertian psikologi yang ada dalam postingan ini.

Pengertian Psikologi Pendidikan

Pengertian Psikologi Pendidikan

Psikologi Pendidikan adalah salah satu cabang dari ilmu psikologi yang mengkaji secara khusus tentang perilaku individu dalam konteks aktivitas pendidikan. Target atau tujuannya adalah untuk menemukan berbagai fakta, generalisasi, maupun teori-teori psikologi yang berhubungan dengan pendidikan, melalui suatu metode ilmiah tertentu agar efektivitas prosesnya bisa tercapai.

Dapat pula dikatakan pengertian bahwa psikologi yaitu cabang Ilmu Psikologi yang dalam penguraian maupun penelitiannya lebih menekankan pada masalah pertumbuhan dan perkembangan anak baik secara fisik maupun mental yang erat kaitannya dengan masalah pendidikan terutama yang dapat mempengaruhi keberhasilan proses mengajar dan belajar.

Psikologi pendidikan menguraikan tentang bagaimana gambaran manusia dalam konteks pendidikan seperti penerapan kurikulum, proses belajar mengajar, layanan konseling dan evaluasi sehingga bisa mendapatkan kualitas anak didik yang lebih baik. Dengan demikian nantinya akan menjadi sesuatu yang berpotensi dalam pembangunan bangsa.

Pengertian Psikologi Pendidikan Menurut Para Ahli

Terdapat beberapa pengertian psikologi pendidikan menurut para ahli, diantaranya yaitu sebagai berikut:

Pengertian Psikologi Pendidikan Menurut Muhibbin Syah

Menurut Muhibbin Syah, psikologi pendidikan merupakan disiplin psikologi yang mempelajari tentang masalah psikologis yang terjadi dalam dunia pendidikan.

Pengertian Psikologi Pendidikan Menurut John Amos Comenius

Psikologi pendidikan adalah belajar harus menarik bagi anak-anak, dan untuk melakukannya bisa dengan bantuan alat bantu visual. Anak-anak bisa mengamati, merasakan, dan mengeksplorasikannya.

Pengertian Psikologi Pendidikan Menurut Jean Jacques Rousseau

Bahwa perkembangan anak bisa menimbulkan masalah jika tidak diperhatikan. Pendidik harus mempunyai pengetahuan tentang psikologi siswa.

Pengertian Psikologi Pendidikan Menurut Johann Heinrich Pestalozzi

Bahwa pendidikan untuk anak harus sesuai dengan perkembangan mental anak. Tawarkan proses pembelajaran berdasarkan dari pengalaman, dari yang termudah hingga yang tersulit.

Ruang Lingkup Psikologi Pendidikan

Adapun beberapa ruang lingkup psikologi pendidikan, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Belajar

Belajar dalam hal ini adalah pokok bahasan yang mencakup berbagai macam prinsip-prinsip, teori, dan karakteristik perilaku siswa.

2. Proses Belajar

Proses belajar dalam hal ini adalah pokok bahasan mengenai tahapan peristiwa dan perbuatan dalam proses belajar siswa.

3. Situasi Belajar

Situasi belajar dalam hal ini adalah pokok bahasan mengenai keadaan dan suasana lingkungan, baik secara fisik maupun non-fisik terkait dengan kegiatan belajar siswa.

Manfaat Psikologi Pendidikan Bagi Calon Guru

Terdapat beberapa manfaat psikologi pendidikan bagi calon guru, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Bisa membantu dalam memecahkan persoalan yang ada pada dunia pendidikan.
  • Dengan psikologi pendidikan ini seorang guru bisa tahu bagaimana perbedaan pola pikir dan karakteristik dari siswa yang diajarnya.
  • Dengan memahami fase perkembangan pola pikir dan kognitif siswa, maka seorang guru akan dapat memahami proses belajar siswa sehingga siswa bisa lebih memaksimalkan potensi yang ada dalam dirinya.
  • Seorang guru yang telah menguasai ilmu psikologi pendidikan secara baik akan bisa memilih dan menguraikan strategi pembelajaran yang paling tepat yang dapat diterapkan dalam proses kegiatan pengajaran.
  • Dengan menggunakan teknik-teknik maupun metode ilmiah yang terdapat dalam psikologi pendidikan, maka dapat membantu siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran yang sebelumnya telah ditetapkan.

Demikian penjelasan yang bisa kami tulis tentang pengertian psikologi pendidikan beserta dengan ruang lingkup dan manfaat psikologi pendidikan. Semoga penjelasan di atas dapat bermanfaat.

Buka Komentar
Tutup Komentar