--> Skip to main content
Menu

Pengertian Kamera Pengawas CCTV dan Jenis-Jenisnya

Apa itu kamera pengawas CCTV? Di artikel ini, kamu akan menemukan pengertian tentang kamera pengawas CCTV dan juga jenis-jenisnya. Kamera pengawas CCTV semakin populer dogunakan sebagai salah satu sistem keamanan. Sistem kamera CCTV dapat merekam dan mengawasi selama 24 jam tanpa henti.

Pengertian Kamera Pengawas CCTV dan Jenis-Jenisnya

Maraknya tindak kejahatan juga menjadi alasanan orang memasang kamera pengawas CCTV.

Tidak salah jika saat ini banyak tersedia merek dan juga jenis kamera CCTV yang ada di pasaran. Mulai dari harga Rp 100.000 hingga puluhan juta untuk satu unit kamera. Tentu saja, semakin tinggi harga CCTV, kualitasnya semakin baik. Jika untuk investasi jangka panjang, lebih baik memilih kamera yang berkualitas.

Apa Itu Kamera CCTV?

Mungkin sudah banyak artikel yang membahas pengertian dari kamera pengawas CCTV, tapi sebagai penyedia layanan jasa pasang dan servis CCTV di Jambi, kami akan menjelaskannya secara singkat saja agar mudah dimengerti.

CCTV adalah kependekan dari Closed Circuit Television.

Ini mengartikan bahwa kamera pengawas CCTV memiliki jaringan tertutp (closed) dan tidak semua orang bisa mengaksesnya. Hanya pemilik kamera CCTV yang bisa melihat gambar di monitor kamera CCTV. Kamera CCTV biasanya terpasang bersama dengan DVR atau mesin perekam. Dengan mesin perekam ini, video dari kamera akan direkam dan di simpan di sebuah memori penyimpanan.

Melalui perekam ini juga, pemilik bisa memutar ulang atau playback video.

Dengan fitur playback, pemilik kamera CCTV bisa melihat video-video yang ditangkap oleh kamera CCTV sebelumnya. Misalnya video 1 hari yang lalu sampai dengan 30 hari yang lalu sesuai dengan kapasitas memori penyimpanan. Semakin besar penyeimpanan, maka semakin lama pula video yang disimpan.

Jenis-Jenis Kamera Pengawas CCTV dan Lokasi Pasangnya

Tidak seperti dulu, sekarang tersedia banyak jenis kamera CCTV yang di jual. Jenis kamera CCTV ini dibuat agar disesuaikan dengan lokasi pasang. Misalnya saja, jenis kamera yang terpasang di rumah tentu akan berbeda dengan yang terpasang di bangunan besar seperti pabrik dan pergudangan.

Di toko kami, setidaknya menyediakan 3 jenis kamera CCTV, yaitu:

  1. CCTV Analog
  2. CCTV IP Camera
  3. CCTV Wireless dikenal dengan kamera CCTV Smart Home

Untuk jenis kamera CCTV Analog, biasanya banyak di pasang di rumah, kantor dan gudang ukuran kecil. Kamera analog memiliki harga paket pasang kamera CCTV di Jambi yang murah di bandingkan dengan IP Camera dan CCTV Wireless. Paket pasang CCTV analog biasanya tersedia dari 4 kamera, 8 kamera, 16 kamera hingga 32 kamera. Harga paket pasang CCTV analog mulai dari Rp 4.000.000.

IP Camera banyak dipasang di area yang memiliki intervensi tinggi seperti pabrik-pabrik yang memiliki banyak mesin produksi. Paket pasang CCTV IP Camera yang tersedia juga sama seperti paket pasang CCTV analog, namun harga pasangnya lebih tinggi.

Nah, untuk kamera jenis wireless, ini banyak di pasang untuk rumah-rumah yang memiliki desain estetik. Karena jenisnya wireless, proses instalasi pun tidak memerlukan banyak kabel. Kamera CCTV langsung terkoneksi ke smartphone dan tidak membutuhkan alat perekam seperti yang digunakan untuk CCTV analog dan CCTV IP Camera. Harga pasang CCTV wireless untuk smarthome di pasaran adalah Rp 1.200.000 per unit.

Sekian informasi singkat tentang pengertian kamera pengawas CCTV dan jenis-jenisnya. Bagi Anda yang tertarik untuk pasang kamera CCTV di Jambi, bisa langsung menghubungi Pasitive CCTV Jambi. Pasitive CCTV Jambi adalah tempat jasa pasang dan servis kamera CCTV terbaik dan terpercaya di Jambi. Menjual paket pasang kamera CCTV yang jenisnya bisa disesuaikan dengan kebutuhan konsumen.