--> Skip to main content
Menu

Pengertian Manga

Hadirnya internet tentu dapat memudahkan dalam berbagai hal termasuk memudahkan dalam kebutuhan membaca manga. Jika dulu membaca manga itu dalam bentuk buku, maka kini bisa mengaksesnya melalui situs web. Hal itu karena saat ini telah ada banyak situs web yang menampilkan beragarm jenis manga seperti situs Komikbit. Lalu sebetulnya apa itu manga? Berikut penjelasannya.

Pengertian Manga

Pengertian Manga

Manga (dibaca man-ga atau ma-ng-ga), pengertian manga adalah komik dalam bahasa jepang. Kata menga di luar Jepang dipergunakan secara khusus untuk membicarakan komik jepang. Seseorang yang berprofesi menggambar manga disebut sebagai mangaka (dibaca man-ga-ka, atau ma-ng-ga-ka).

Lain halnya dengan komik Amerika, manga itu membacanya dari arah kanan ke kiri, dimana hal ini sesuai arah tulisan huruf kanji Jepang. Biasanya majalah-majalah manga di Jepang terdiri atas beberapa judul komik yang masing-masing tiap judul berisi antara 30 sampai 40 halaman (satu bab/ chapter). Dimana biasanya majalah-majalah tersebut terdiri dari antara 200 halaman sampai 850 halaman.

Sebuah manga yang telah sukses judulnya bisa saja terbit sampai bertahun-tahun, contohnya manga berjudul Jojo no Kimyou na booken atau Jojo’s Bizzare Adventure tentang misi rahasia. Judul-judul manga yang telah sukses umumnya bisa diangkat dijadikan sebagai bentuk animasi (yang saat ini lebih kita kenal dengan sebutan anime), sebagai contoh seperti One piece, Bleach dan naruto. Beberapa dari judu manga, cerita slinya dapat saja diangkat dari novel atau visual novel seperti “Basiliks” yang diangkat dari novel Kooga Ninpoochou oleh Futaro Yamada, mengisahkan pertempuran antara klan ninja Tsubagakure Iga dengan klan ninja Manjidani Koga. Adapula manga yang diangkat dari kisah sejarah, contohnya sejarah The Three Kingdom (3 Kerajaan), Ryuuroden (Legenda Naga), dan sejarah-sejarah jepang yang lain. Terkadang ada pula yang menggunakan nama yang memang benar ada, ada pula yang menggunakan nama tokoh fiktif.

Kemudian, setelah beberapa waktu, ceira-cerita di majalah tersebut dikumpulkan lalu dicetak ke dalam bentuk buku dengan ukuran biasa, dikenal sebagai Tankoobon atau volume. Biasanya mangga bentuk ini dicetak menggunakan kertas yang berkualitas bagus. Selain itu, manga dalam bentuk tankoobon biasanya akan diterjemahkan ke dalam bahasa-bahasa yang lain.

Beberapa judul manga yang telah sukses bahkan ada yang dibuat dalam versi manusia atau live Action (L.A). Adapun beberapa contoh judul yang sudah diangkat dalam versi Live Action yaitu Detektif Conan, Death Note, Cutie Honie, Casshern, GeGeGe no Kintaro, Saigake!! Otokuju, DevilMan dan lain sebagainya.

Sebagian judul secara lebih lanjut bisa saja di remake kembali oleh produsen di luar Jepang secara internasional. Misalnya di Amerika (20’th Century fox) yang membuat film Live Action “Dragon Ball versi Hollywood”.

Itulah penjelasan tentang pengertian manga, semoga dapat menambah pengetahuan kita tentang apa itu manga.