--> Skip to main content
Menu

Apa Itu Analisis SWOT dan Seperti Apa Contohnya?

Kelayakan sebuah bisnis pelu diuji dengan melakukan sebuah analisis. Dalam hal ini analisis SWOT dapat digunakan untuk mengkaji permasalahan. Sehingga, pemilik usaha bisa lebih mengenal dengan baik produk maupun usahanya. Lalu, apa itu Analisis Swot? Seperti apa contohnya? Simak penjelasan berikut ini.

Apa Itu Analisis SWOT dan Seperti Apa Contohnya?

Apa Itu Analisis SWOT

Analisis SWOT adalah sebuah teknik yang diterapkan untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang maupun ancaman untuk sebuah bisnis atau usaha. Meskipun terlihat sederhana, analisis SWOT dapat menjadi alat yang ampuh dalam mengidentifikasi peluang secara kompetitif untuk peningkatan bisnis atau usaha. Dapat pula dikatakan bahwa analisis SWOT ini dapat membantu bisnis dalam mengidentifikasi faktor internal maupun eksternal yang bisa mempengaruhi kesuksesan dalam sebuah bisnis.

Apa kepanjangan dari SWOT?

SWOT merupakan singkatan dari beberapa faktor yaitu strengths, weaknesses, opportunities dan threats. Beberapa faktor tersebut merupakan faktor yang penting untuk diperiksa supaya pertumbuhan bisnis bisa terencana dengan baik.

1. Strength (Kekuatan)

Strength adalah kondisi kekuatan yang ada dalam konsep bisnis atau usaha. Strength ini mengacu pada inisiatif internal yang memiliki kinerja baik sebagai kekuatan. Menganalisis area ini dapat membantu dalam memahami aspek yang sudah berhasil.

2. Weakness (Kelemahan)

Weakness adalah kelemahan yang ada dalam konsep bisnis atau usaha. Weakness ini mengacu pada inisiatif internal yang memiliki kinerja yang buruk. Menganalisis kelemahan internal dapat memberikan titik awal dalam meningkatkan konsep bisnis tersebut.

3. Opportunities (Peluang)

Opportunities adalah peluang yang bisa dimanfaatkan agar bisnis bisa lebih berkembang. Biasanya peluang ini meliputi perubahan trend, kenaikan permintaan, hingga peluang ekspansi pasar.

4. Threat (Ancaman)

Threat adalah kondisi yang mengancam dari luar yang mengancam bisniss atau usaha. Ancaman ini bisa menghambat perkembangan bisnis. Biasanya ancaman ini dapat berupa persaingan yang ketat, perubahan preferensi konsumen, fluktuasi harga bahan baku, dan perubahan regulasi.

Jika dianalisis dengan baik, maka kerangka SWOT bisa memberikan gambaran yang lebih baik tentang bagaimana usaha berada dan bagaimana menuju ke langkah selanjutnya. Mari pahami dari masing-masing istilah yang merupakan faktor dalam analisis SWOT melalui contoh berikut ini.

Contoh Apa Itu Analisis SWOT

Setelah memahami tentang faktor-faktor apa saja yanga da dalam analisis SWOT, maka kita dapat menerapkan konsep tersebut ke dalam contoh usaha. Nah dalam hal ini kami ambil satu Contoh Analisis SWOT untuk Usaha Makanan makanan ringan. Kita akan mengetahui bagaimana analisis SWOT bisa diterapkan untuk menilai dan mengembangkan strategi bisnis makann ringan yang kami cotnohkan di sini.

1. Strengths (Kekuatan):

Produk makanan ringan dengan cita rasa gurih dan bervariasi, pembuatannya menggunakan bahan baku lokal berkualitas tinggi. Memiliki branding yang kuat dan loyalitas terhadap customer.

2. Weaknesses (Kelemahan):

Memiliki keterbatasan dalam hal promosi dan distribusi, packing kurang inovasi.

3. Opportunities (Peluang):

Terjadi peningkatan tren dalam mengkonsumsi makanan ringan, terutama bagi kalangan anak muda dan ada potensi di pasar e-commerce.

4. Threats (Ancaman):

Ada persaingan produk yang serupa dari merek-merk besar, preferensi konsumen bisa beralih ke produk yang lebih sehat.

Itulah penjelasan yang dapat kami tuliskan tentang apa itu analisis SWOT dan seperti apa contohnya. Bagaimana sekarang kamu sudah tahukan? Semoga informasi yang telah kami tuliskan di atas dapat bermanfaat.