--> Skip to main content
Menu

5 Susu Terbaik untuk Penderita Kolesterol Tinggi

Bagi mereka yang memiliki kadar kolesterol tinggi, memilih susu yang tepat bukan hanya penting untuk kesehatan jantung dan mencegah risiko stroke, tetapi juga dapat meningkatkan kualitas hidup.

5 Susu Terbaik untuk Penderita Kolesterol Tinggi

Seperti yang telah diketahui, bahwa tingginya kadar kolesterol dapat menimbulkan berbagai ancaman serius bagi kesehatan, terutama pada orang dewasa dan lansia. Namun, dengan mengonsumsi susu untuk kolesterol tinggi secara tepat, Anda dapat menemukan pilihan yang tidak hanya enak diminum, tetapi juga mengandung nutrisi yang dapat membantu mengelola kadar kolesterol secara efektif.

5 Pilihan Susu Terbaik untuk Mereka yang Mengidap Kolesterol Tinggi

Dengan semakin meningkatnya kesadaran akan pentingnya kesehatan dan pola makan yang sehat, berbagai alternatif susu semakin diminati oleh masyarakat yang mencari manfaat susu untuk menurunkan kolesterol, terutama bagi mereka yang mengalami masalah kolesterol tinggi. Berbagai jenis susu ini memiliki kandungan lemak jenuh yang rendah dan lemak tak jenuh yang tinggi, sehingga cocok digunakan untuk menurunkan kadar kolesterol.

1. Susu kedelai

Susu kedelai merupakan produk susu yang terbuat dari biji kedelai alami, tanpa laktosa dan kolesterol. Kandungan protein, kalium, vitamin A, D, B12, serta kalsium yang diperkaya terdapat dalam susu kedelai. Selain itu, susu kedelai rendah lemak jenuh, sehingga menjadi pilihan sehat untuk kesehatan jantung. Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi protein kedelai sebanyak 15-25 gram per hari dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.

2. Susu beras

Susu alternatif ini dibuat dari beras yang digiling dan air. Susu beras merupakan opsi susu yang paling tidak menimbulkan alergi dari semua jenis susu, sehingga cocok bagi Anda yang menderita intoleransi laktosa atau alergi kacang. Kandungan protein dalam susu beras sangat rendah sementara karbohidratnya tinggi. Pilihlah susu beras yang diperkaya dengan nutrisi penting seperti kalsium atau vitamin D.

3. Oat milk

Oat milk atau susu oat terbuat dari gandum yang direndam dan dicampur, sehingga tidak mengandung kolesterol dan laktosa. Susu oat mengandung glukan beta oat yang dapat membantu menjaga kadar kolesterol normal. Untuk mendapatkan manfaat ini, disarankan mengonsumsi 3g susu oat setiap hari sebagai bagian dari pola makan seimbang. Pastikan Anda memilih susu oat yang tidak mengandung pemanis tambahan agar lebih sehat.

4. Susu almond

Susu almond terbuat dari kacang almond yang dihaluskan dan alami bebas laktosa. Susu almond rendah kalori dan lemak, tidak mengandung lemak jenuh seperti susu lainnya. Meskipun begitu, susu almond memiliki protein yang lebih rendah dan tidak memberikan manfaat pada jantung sebesar mengonsumsi kacang almond secara langsung. Pilihlah susu almond tanpa tambahan gula dan yang diperkaya dengan kalsium, terutama jika digunakan sebagai pengganti susu biasa.

5. Susu tanpa lemak

Jika Anda lebih memilih susu sapi biasa tetapi ingin mengurangi asupan kolesterol, maka susu sapi tanpa lemak bisa menjadi alternatif yang tepat. Susu sapi tanpa lemak mengandung sedikit lemak jenuh karena sebagian besar lemaknya telah dihilangkan.

Susu memiliki beragam manfaat untukmemenuhi kebutuhan nutrisi dan preferensi yang berbeda-beda. Sebaiknya pilih susu tanpa pemanis tambahan dan perhatikan kandungan nutrisi penting seperti kalsium agar manfaat kesehatan yang didapat menjadi maksimal.