--> Skip to main content
Menu

Pengertian 3D Printing, Manfaat, dan Cara Kerjanya

Perkembangan teknologi semakin pesat dari hari ke hari, termasuk dalam proses pencetakan 3D. Hal inilah yang membuat banyaknya jasa 3d print mulai bermunculan, seperti salah satunya FOMU. 3D printing merupakan teknologi yang mampu menciptakan objek fisik yang serupa atau mirip dengan aslinya.

Pengertian 3D Printing

Teknologi 3D printing dapat memudahkan seseorang dalam melakukan visualisasi. Charles Hull, seorang insinyur Amerika, menemukan teknologi ini pada tahun 1984.

Pengertian 3D Printing

3D printing adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan teknologi produksi objek tiga dimensi dengan menggunakan metode cetak berlapis (layer-by-layer).

Teknologi ini memungkinkan pengguna untuk mencetak model digital menjadi objek fisik yang identik dengan desain aslinya. Dengan menggunakan 3D printing, berbagai macam objek, baik yang sederhana maupun yang memiliki geometri rumit, dapat dicetak dengan mudah.

Manfaatnya3D Printing

Belakangan ini, 3D printing atau manufaktur aditif telah menjadi tren yang populer dan digunakan secara luas di berbagai sektor. Hal itu tentu tidak terlepas dari manfaatnya, adapun manfaat dari 3D printing yaitu:

  • Memudahkan dalam membuat prototipe sebelum produk diproduksi secara massal.
  • Dapat memberikan kebebasan dalam menciptakan desain sebuah produk.
  • Lebih hemat waktu dan biaya dalam pengembangan produk baru.
  • Memberikan suatu kesempatan dalam membuat kustomisasi produk.
  • Di sektor kesehatan, teknologi ini diterapkan untuk mencetak tulang dan organ tubuh buatan.

Cara Kerja 3D Printing

Untuk melakukan proses 3D printing itu menggunakan berbagai macam material, seperti diantaranya yaitu plastik, karet, logam dan keramik,. Tahap awal dari proses pencetakan yaitu pembuatan model digital dengan menggunakan software Computer Aided Design (CAD) atau bisa juga menggunakan software pemodelan serupa.

Setelah itu, model digital tersebut dipecah-pecah menjadi lapisan-lapisan yang berbeda dan selanjutnya akan dicetak secara bertahap mammakai teknologi printer 3D. Ketika dicetak, setiap lapisan akan terus ditambahkan secara berkelanjutan, sehingga membentuk sebuah objek 3 dimensi yang utuh.

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa 3D printing merupakan suatu teknologi yang mampu menghasilkan objek yang identik dengan model digitalnya dalam waktu yang relatif cepat. Keberadaan teknologi ini memberikan kemudahan dalam berbagai bidang, dari mulai bidang industri hingga bidang kesehatan.

Nah, bagi anda yang ingin mencetak 3 dimensi tapi belum memiliki printer sendiri? Anda dapat mempercayakan proses pencetakannya kepada FOMU yaitu jasa 3d printing yang siap melayani berbagai macam kebutuhan 3D printing dari mulai pembuatan model, prototipe hingga pembuatan produk jadi sesuai yang anda butuhkan.

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan tentang pengertian 3D printing, manfaat, dan cara kerjanya. Semoga apa yang telah kami sampaikan di atas dapat bermanfaat, terutama bagi kamu yang mencari informasi tentang 3D printing.