--> Skip to main content
Menu

Yuk, Cari Tahu Perbedaan Restoran Fast Food dan Fast Casual

QRIS
Source: freepik.com

Di tengah perkembangan industri kuliner yang semakin pesat, restoran fast food dan fast casual telah menjadi pilihan utama bagi banyak orang yang menginginkan makanan cepat saji. Kedua jenis restoran ini sama-sama telah menerapkan inovasi pembayaran yang menawarkan kemudahan berupa QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard). Kamu dapat membayar dengan lebih cepat dan efisien, tanpa perlu membawa uang tunai.

Meskipun memiliki kesamaan dalam hal sistem pembayaran, ternyata restoran fast food dan fast casual memiliki perbedaan yang signifikan dalam beberapa aspek. Penasaran pengen tahu apa saja perbedaannya, kamu harus simak ini hingga selesai.

Ini Lho Perbedaan Restoran Fast Food dan Fast Casual

Kamu pasti sudah terbiasa mendengar tentang restoran fast food dan bahkan mungkin sering makan di sana. Lalu bagaimana dengan restoran fast casual, pernahkah kamu mendengarnya juga? Jika kamu berpikir kedua restoran ini sama maka sayang sekali kamu salah.

Memang, kedua jenis restoran ini hampir mirip apalagi sama-sama menggunakan kata fast. Keduanya juga sama-sama menawarkan kemudahan dan kecepatan dalam memesan serta menikmati makanan. Namun, nyatanya terdapat beberapa perbedaan mendasar di antara kedua tipe restoran ini, terutama dalam hal:

  • Pelayanan
  • Pelayanan di restoran fast food dirancang untuk cepat dan praktis. Sebagai pelanggan, kamu biasanya memesan di counter, membayar, dan menerima makanan dalam hitungan menit. Interaksi dengan staf sangat minim karena pelanggan mengambil makanan sendiri dan membersihkan meja setelah makan.

    Sebaliknya, di restoran fast casual, meskipun pelanggan juga memesan di counter, makanan biasanya diantarkan ke meja oleh staf. Kamu juga bisa lebih banyak berinteraksi dengan staf dan mereka umumnya memberikan pelayanan yang lebih personal juga ramah. Selain itu, restoran fast casual juga menawarkan tingkat layanan yang lebih tinggi, seperti pengisian minuman ulang dan pembersihan meja.

  • Harga menu
  • Pada restoran fast food umumnya harga menu lebih terjangkau. Menu yang ditawarkan biasanya berupa paket hemat atau menu kombo dengan harga diskon. Mengapa begitu? Ini karena restoran fast food fokusnya adalah memberikan makanan yang cepat dan murah.

    Sementara itu, harga di restoran fast casual lebih tinggi namun masih terjangkau jika dibandingkan restoran fine dining. Harga yang lebih tinggi biasanya disertai dengan porsi yang cenderung besar atau bahan makanan yang lebih berkualitas. Ini tentunya sebanding dan memberikan nilai lebih untuk uang yang kamu keluarkan ketika makan di sana.

  • Kualitas Menu
  • Rata-rata kualitas menu di restoran fast food adalah makanan cepat saji seperti burger, kentang goreng, dan ayam goreng. Kualitas bahan baku umumnya lebih rendah karena fokus pada biaya murah dan kecepatan penyajian. Dalam hal menu pun restoran fast food cenderung standar dan kurang variatif. Seringnya terdiri dari makanan yang digoreng atau diproses lebih cepat.

    Adapun restoran fast casual biasanya cenderung menggunakan bahan baku yang lebih segar dan berkualitas tinggi. Menu makanannya juga lebih variatif dan sering kali menawarkan pilihan yang lebih sehat seperti salad, sandwich, dan makanan organik. Dalam hal penyajian makanan, restoran fast casual juga lebih estetis, sehingga mampu menggugah selera orang-orang yang akan menyantapnya.

    QRIS
    Source: freepik.com
  • Suasana tempat
  • Hal terakhir yang membedakan restoran fast food dengan casual yaitu suasana tempat. Kalau kamu sering menyantap makanan di restoran cepat saji, kamu bisa perhatikan sendiri bagaimana suasana tempatnya. Umumnya di restoran tersebut menawarkan suasana tempat yang sangat praktis dengan desain interior simpel dan fungsional.

    Restoran ini lebih fokus pada kenyamanan duduk yang singkat dengan sistem pergantian pelanggan yang cepat. Dekorasi cenderung minimalis dan seragam di semua cabang, dengan warna-warna cerah yang merangsang selera makan.

    Di sisi lain, restoran fast casual memiliki desain interior yang lebih menarik, nyaman, dengan dekorasi unik dan suasana yang lebih santai. Lingkungan di restoran fast casual yang seperti ini tentu membuatmu betah, ingin duduk lebih lama dan menikmati waktu makan tanpa terburu-buru.

    Mengenai dekorasinya, setiap restoran fast casual memiliki tema atau konsep khusus masing-masing. Dengan begitu kamu akan mendapatkan pengalaman makan yang lebih berkesan dan berbeda di setiap restoran fast casual yang kamu datangi .

Dari sini bisa disimpulkan, restoran fast food unggul dalam kecepatan dan harga terjangkau, sementara restoran fast casual menawarkan kualitas menu yang lebih tinggi, pelayanan lebih baik, dan suasana tempat yang lebih nyaman. Kamu bisa memilih ingin makan di restoran mana saja tergantung pada situasi, waktu, dan anggaran yang kamu miliki.

Apalagi saat ini sudah banyak restoran fast food maupun fast casual yang menyediakan sistem pembayaran dengan praktis dan mudah yakni menggunakan scan QRIS. Dengan cara ini kamu tak perlu khawatir jika ingin makan di restoran manapun yang kamu mau. Akan lebih baik lagi jika menggunakan digibank QRIS karena kamu bisa bayar sat set meskipun tak membawa cash. Belum lagi limitnya pun besar hingga Rp10 juta/transaksi/hari.

Dengan limit transaksi yang demikian, kamu bebas traktir teman di restoran fast food atau casual mana saja. Bahkan kamu juga bisa berbelanja dan menikmati berbagai promo menarik di merchant pilihan yang sudah bekerjasama dengan digibank by DBS. Intinya nih, kalau pakai digibank QRIS, semua transaksi pembayaran digital bisa kamu lakukan dengan cepat dan terjamin keamanannya. Tak percaya? Cek aja langsung informasi di sini!