--> Skip to main content
Menu

Cara Tarik Tunai Tanpa Kartu

Meskipun saat ini Anda dapat berbelanja atau melakukan transaksi bisnis tanpa uang tunai, namun keberadaan uang tunai tetap masih penting ketika di tempat anda belanja atau tempat anda transaksi hanya bisa menerima pembayaran uang tunai.

Cara Tarik Tunai Tanpa Kartu

Nah, untuk menarik uang tunai di mesin ATM umumnya dilakukan dengan menggunakan kartu debit atau kredit. Namun, terkadang anda mungkin lupa membawa kartu ATM. Tetapi kini anda tidak perlu khawatir karena ada cara tarik tunai tanpa kartu ATM. Cara inii cukup mudah dan praktis dilakukan, seperti apakah caranya? Mari simak penjelasan yang kami bagikan dalam artikel ini.

Cara Tarik Tunai Tanpa Kartu ATM

Meskipun cara penarikan tunai tanpa kartu ATM dapat berbeda-beda tergantung pada layanan bank, Anda masih dapat mengikuti langkah-langkah umum berikut ini.

1. Pastikan sudah menginstall aplikasi Mobile banking dan akun sudah punya akunnya

Agar dapat melakukan tarik tunai tanpa menggunakan kartu ATM, Anda terlebih dahulu harus menginstal aplikasi mobile banking pada smartphone yang anda miliki dan anda sudah mempunyai akun yang aktif. Jika belum, tidak perlu khawatir karena Anda dapat menyelesaikan kedua hal itu tanpa harus datang ke kantor cabang bank karena kini prosesnya bisa dilakukan dengan mudah secara online.

2. Pilihlah menu tarik tunai dan masukkan nominal yang anda inginkan

Selanjutnya, Anda hanya perlu membuka aplikasi mobile banking dari bank yang menerbitkan rekening Anda dan memilih opsi "Tarik Tunai". Opsi ini umumnya dapat ditemukan sdi halaman utama aplikasi setelah memasukkan nama pengguna dan kata sandi. Setelah berhasil mengakses opsi tersebut, masukanlah jumlah uang tunai yang ingin Anda tarik dan PIN transaksi Anda.

3. Konfirmasi untuk membuat kode token

Setelah memeriksa bahwa detail rekening sumber dana dan nomor handphone Anda sudah benar, Anda akan mendapatkan kode token untuk memproses penarikan tunai di mesin ATM tanpa menggunakan kartu. Perlu diketahui bahwa token cardless withdrawal penggunaannya hanya berlaku dalam waktu yang terbatas, umumnya 2 jam. Jika token telah kedaluwarsa, permintaan transaksi akan dibatalkan secara otomatis demi keamanan agar tetap terjaga.

4. Datang ke Mesin ATM Pilih menu cardless withdrawal

Pastikan token dari aplikasi mobile banking telah disimpan dengan aman. Setelah itu, segera datangi mesin ATM terdekat sebelum batas waktu yang telah ditentukan. Setelah tiba di sana, pilihlah menu cardless withdrawal yang letaknya berada di sudut kiri atau kanan bawah pada layar mesin ATM.

5. Masukkanlah nomor handphone dan juga kode token

Terakhir, ikuti panduan cara menarik tunai tanpa kartu di mesin ATM dengan menginputkan nomor telepon tujuan. Nomor tersebut pastikan sesuai dengan data yang terdaftar dalam aplikasi mobile banking, termasuk token transaksi yang didapatkan. Sesudah memasukkan nomor telepon, Anda akan diminta untuk memasukkan kode token sebelum dapat mengambil uang.

Bagaimana, Anda sudah tahu kan cara tarik tunai tanpa kartu. Demikian penjelasan tentang cara tarik tunai tanpa kartu yang dapat kami bagikan, semoga penjelasan di atas dapat bermanfaat.