--> Skip to main content
Menu

Mengenal Apa Itu Antiperspirant dan Perbedaannya Dengan Deodoran

Antiperspiran umumnya digunakan sebagai produk untuk perawatan tubuh karena dapat mengurangi produksi air keringat dan menghilangkan bau yang tidak sedap pada ketiak. Karena fungsinya mengatasi masalah bau badan akibat keringat, maka banyak yang keliru dalam memahami perbedaan antara antiperspirant dan deodorant. Untuk itulah pada pembahasan kali ini kami akan membahas tentang apa itu antiperspirant, perbedaan antiperspirant dan deodoran hingga rekomendasi produk nya yang tepat.

Apa Itu Antiperspirant

Apa Itu Antiperspirant

Antiperspirant merupakan produk yang dapat digunakan untuk mengontrol atau mengurangi keringat pada tubuh, terutama di area ketiak. Cara kerja antiperspirant adalah dengan menghambat kelenjar keringat untuk sementara waktu, sehingga produksi keringat bisa berkurang. Antiperspirant biasanya memiliki kandungan senyawa aluminium, seperti aluminium klorohidrat yang fungsinya untuk menyumbat pori-pori kulit sehingga keringat tidak bisa keluar secara normal. Kandungan inilah yang dapat membantu mengurangi kelembaban dan membuat area ketiak tetap terasa lebih kering.

Seringkali orang-orang keliru menganggap antiperspirant dan deodoran sebagai produk yang serupa. Padahal, keduanya memiliki perbedaan yang jelas. Supaya bisa lebih memahaminya, maka ketahuilah perbedaan antara antiperspirant dengan deodoran.

Perbedaan Antiperspirant Dan Deodoran

Adapun penjelasan tentang perbedaan antiperspirant dan deodorant adalah sebagai berikut ini:

1. Antiperspirant masuk golongan obat, deodoran adalah kosmetik

Perbedaan yang paling mendasar antara antiperspirant dan deodoran adalah klasifikasi produknya. Antiperspiran diklasifikasikan sebagai obat, sedangkan deodoran diklasifikasikan sebagai produk kosmetik.

Dalam hal ini, penting dalam produksi dan penggunaan antiperspirant untuk mematuhi kebijakan dan prosedur yang telah ditetapkan oleh lembaga pengawasan obat. Sebagai contohnya kewajiban untuk mencantumkan tanggal kadaluarsa di label kemasan. Hal ini bertujuan untuk memastikan keamanan dan kualitas produk yang akan digunakan oleh konsumen.

2. Fungsi

Antiperspirant yang termasuk kategori obat berfungsi mengurangi keringat berlebih pada badan dengan menyumbat produksi keringat pada area kulit yang telah diolesi produk antiperspirant. Sedangkan deodorant berfungsi untuk menghilangkan bau yang diakibatkan oleh bertemunya keringat dengan bakteri yang hidup dan berkembang di permukaan kulit.

3. Cara kerja‌ produk

Antiperspirant bekerja dengan cara menghambat kelenjar ekrin yaitu kelenjar yang bertugas menghasilkan keringat. Dengan demikian, maka dapat mengurangi produksi keringat berlebih. Sementara deodoran bekerja dengan mengurangi jumlah bakteri yang menjadi penyebab bau tidak sedap. Selain itu deodoran juga mengandung wewangian yang dapat menyamarkan bau tubuh.

4. Kandungan dalam Produk

Antiperspirant mempunyai bahan aktif seperti kandungan aluminium yang dapat membantu dalam mengatasi dan memperlambat produksi keringat. Produk ini tentunya bisa menjadi pilihan tepat bagi kamu yang memiliki keringat berlebih. Sedangkan deodoran, tidak mempunyai bahan aktif yang dapat mengatasi dan memperlambat produksi keringat. Akan tetapi deodorant memiliki kandungan zat anti mikroba yang bisa membunuh berkembanya bakteri dan mikroorganisme yang menjadi penyebab bau badan yang kurang enak. Jadi pada intinya antiperspirant di desain untuk menghambat produksi keringat dan deodoran di desain untuk mengatasi bau.

5. Menutup atau membuka pori-pori

Produk antiperspirant bekerja dengan cara menutup pori-pori sehingga dapat membatasi produksi keluarnya keringat. Sedangkan, deodoran bekerja dengan tidak menyumbat pori-pori, sehingga tidak bisa mengurangi produksi keringat. Hal inilah yang dapat membuat sebagian orang menjadi merasa ketiaknya basah ketiak sedang menggunakan produk deodoran.

Rekomendasi Produk Mengatasi Keringat Berlebih dan Bau Badan

Aktivitas sehari-hari yang sangat padat, pola makan kurang teratur dan badan yang besar sering kali menyebabkan masalah bau badan. Nah, untuk mengatasi masalah tersebut, penting banget buat kamu untuk menggunakan produk yang bisa membuat kebersihan dan keharuman badan tetap terjaga secara maksimal. Untuk itu gunakanlah deodoran Kahf yang merupakan produk antiperspirant dari Kahf. Produk ini dapat menjaga keharuman badan kamu setiap hari sekaligus dapat mengurangi produksi minyak berlebih.

Jadi, kamu sekarang, gak tidak perlu ribet lagi bingung mau pilih menggunakan deodorant atau antiperspirant karena deodoran Kahf produk antiperspirant dari Kahf sudah dapat memberikan solusi yang maksimal untuk kamu yang mengalami masalah keringat berlebih dan ingin harum selama seharian. Bahkan kandungan di dalamnya yaitu allantoin alami dari tanaman komfrey secara efektif mampu mencegah bau badan dan bisa bertahan selama 48 jam. Yuk segera dapatkan di www.kahfeveryday.com

Demikian penjelasan tentang apa itu antiperspirant beserta dengan perbedaannya dengan deodorant. Semoga penjelasan yang telah kami tulis di atas dapat bermanfaat.