Pengertian Sharing Device

Pengertian Sharing Device - Sharing Device merupakan proses penggunaan bersama periperal komputer dalam jaraingan.  Apa pengertian sharing device? Mungkin diantara anda ada yang belum tahu tentang apa itu sharing device? Jika anda belum tahu apa yang dimaksud sharing device maka berikut ini kami berikan uraian tentang definisi sharing device yang meliputi pengertian sharing device beserta manfaat sharing device, alat yang dapat disharing dalam jaringan, dan hal yang harus diperhatikan dalam sharing device.  Berikut ini penjelasannya silahkan di pahami.
Pengertian Sharing Device

Pengertian Sharing Device

Sharing device adalah suattu metode yang memanfaatkan peralatan pada suatu komputer oleh komputer lain. Jika diartikan secara bahasa, maka sharing berarti berbagi dan device berarti alat, sehingga sharing device secara umum dapat diartikan sebagai peralatan (sumber daya) dan data (informasi) dalam bentuk file, gambar, video, audio, printer, dan sebagainya.
Sharing device sendiri terdiri atas berbagai shared, yaitu shared folder, shared printer, shared floppy drive, shared CD drive, dan shared scanner. Sharing device mempunyai banyak manfaat bagi suatu jaringan.

Alat yang dapat disharing dalam jaringan

Berikut ini adalah beberapa alat/ peralatan yang bisa di share:
  1. Printer
  2. Scanner
  3. Hardisk
  4. CD ROM Drive
  5. Floppy disk drive
  6. Folder
  7. File

Manfaat sharing device

Berikut beberapa manfaat sharing device dalam suatu jaringan.
  • Memungkinkan satu peralatan (device), misalnya printer untuk digunakan oleh beberapa pengguna dalam sebuah network.
  • Bisa mengirim file dari satu komputer ke komputer lain secara langsung dalam satu jaringan.
  • Memudahkan seseorang yang berada di sebuah kantor atau instansi yang mempunyai peralatan (device) untuk menggunakan suatu peralatan tanpa harus mencopot dari komputer satu dan memasang pada komputer lain.
  • Menghemat waktu, biaya dan juga tenaga.
  • Memudahkan suatu peralatan untuk digunakan oleh beberapa pengguna dalam sebuah network.

Hal yang harus diperhatikan dalam sharing device

Dalam melakukan sharing device terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan, berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan tersebut.
  1. Jaringan telah tekoneksi dengan baik.
  2. Setting Sharing dengan dengan benar.
  3. Protokol sharing file dan printer telah terinstall.

Demikian apa yang dapat saya jelaskan mengenai apa yang dimaksud Sharing device. Semoga pengertian sharing device yang ada di blog temukan pengertian ini dapat memberikan manfaat bagi anda.

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda di sini untuk mendapatkan artikel terbaru

Artikel Terkait