Pengertian The Dude

Advertisement
Pengertian The Dude - Dengan aplikasi yang namanya dede kita dapat memanagement jaringan network kita. The Dude secara otomatis akan membaca dan mendeteksi setiap perangkat yang tersambung ke jaringan yang satu segment. Selain itu bisa juga menyusun dari rancangan topologi jaringan kita, dan bisa memonitoring dan memberiakan informasi apabila ditemukan masalah pada perangkat yang tersambung ke jaringan kita. Kali ini kami akan mengulas tentang apa itu The Dude. Buat anda yang mungkin belum tahu apa yang dimaksud The Dude. Berikut ini penjelasan lebih secara rinci yang dapat kami berikan tentang definisi The Dude.
Pengertian The Dude

Pengertian The Dude

The Dude adalah sebuah software/ aplikasi yang memudahkan seorang admin jaringan memonitoring jaringannya dan mendukung berbagai protokol jaringan, seperti SNMP, ICMP, DNS, dan TCP.

Cara kerja The Dude

Berikut ini beberapa cara kerja The Dude.
  • Secara otomatis The Dude akan melakukan scan keseluruhan pada jaringannya, termasuk perangkat yang tergabung dalam jaringan berbasis subnet.
  • Software ini akan secara otomatis mampu memetakan jaringan komputer.
  • Apabila terjadi troubleshooting pada jaringan, maka software ini akan secara otomatis memberikan pesan peringatan.

Kelebihan The Dude

Sampai sekarang ini the dude banyak dipakai oleh user dalam mengelola jaringan mereka. Berikut ini adalah kelebihan aplikasi the dude yang membuat orang banyak yang meminatinya.
  • The Dude adalah aplikasi gratis/ tidak berbayar.
  • Instalasi serta penggunaannya tidak sulit.
  • Secara otomatis bisa melakukan discovery dan layout berbagai brand/ type perangkat.
  • Bisa meremote secara langsung untuk memanagement perangkat.
  • Bisa berjalan di sistem operasi komputer Windows, MacOS (Darwine), dan Linux (Wine).
Sebenarnya masih ada banyak lagi kelebihan dari fitur aplikasi The Dude yang. Bagi anda yang ingin mendownload aplikasi The Dude bisa download langsung di sini.

Konfigurasi The Dude Mikrotik

Pada kesempatan kli ini kami akan membangun sebuah jaringan menggunakan topologi sederhana dan akan memonitoring dengan software The Dude. Adapun topologinya ialah sebagai berikut ini.
Pengertian The Dude

Dalam topologi di atas telah kita ketahui kalau aplikasi the dude dan perangkat-perangkat yang akan dimonitor ada dalam segment yang sama. Setelah kita membangun topologi seperti pada gambar di atas kita akan menginstall dan melakukan konfigurasi aplikasi The Dude di komputer maupun laptop yang akan kita gunakan.
Langkah pertama, kita install dulu aplikasi The Dude yang sebelumnya sudah kita download.
Langkah kedua, jika sudah terinstall, bukalah aplikasi The Dude, Maka akan tampil seperti berikut ini.
Pengertian The Dude

Silahkan anda masukan alamat IP address perangkat Mikrotik/ RouterOS yang akan menjadi The Dude Server (terlebih dahulu harus menambahkan atau mengaktifkan package the dude server pada perangkat mikrotik yang menjadi server the dude). Sesuaikan juga username dan password yang digunakan dengan perangkat Mikrotik.
Jika telah berhasil maka akan terlihat tampilan seprti berikut ini.
Pengertian The Dude

Setelah itu, untuk menambahkan perangkat yang ingin dimonitoring ke dalam aplikasi The Dude terdapat 2 cara yakni Otomatis dan Manual. Jika secara otomatis, kita dapat memakai tombol Discover yang ada pada bagian atas aplikasi.
Pengertian The Dude

Pilih tombol tersebut maka akan tampil seperti berikut ini.
Pengertian The Dude

Tetapkan paramater "Scan Networks" isi sesuai dengan topologi di atas. Setelah itu pilih tombol discover. Maka secara otomatis The Dude akan menscan perangkat-perangkat yang terdapat di jaringan tersebut.
Pengertian The Dude

Tetapi, kita juga dapat menambahkan secara manual dan mengatur layout dan juga tampilan sesuai yang kita inginkan. Untuk penambahan secara manual, kita dapat memilih beberapa pilihan diantaranya yaitu Device, Network, Submap, Static, Link. Pilihan tersebut dapat terlihat pada saat kita memilih tombol [+] Add.
Pengertian The Dude

Untuk menambahkan perangkat yang mau dimonitor pilihlah "Device" lalu pilih di sembarang tempat pada worksheet, maka akan terlihat tampilan seperti ini. Selanjutnya masukan IP Address dari tiap-tiap perangkat, masukan juga username dan password apabila di perangkat tersebut terdapat keamanan login. Apabila tidak ada biarkan saja default.
Pengertian The Dude

Berikutnya pilih tombol “Next”. Pada tampilan selanjutnya kita pilih tombol “Discover”. Di sini secara otomatis akan ditentukan macam-macam service yang akan kita monitor dari perangkt tersebut.
Pengertian The Dude

Di tabel akan tampil jenis service yang dapat kita monitor. Jika status dari seluruh service telah tampil “OK”. Maka kita bisa pilih tombol “Finis”. Dengan begitu maka akan ditambahkan sebuah perangkat baru dalam worksheet.
Pengertian The Dude

Untuk perangkat yang lain kita dapat lakukan dengan cara yang sama seperti di atas. Jika semua sudah ditambahkan maka akan tampil seperti berikut ini.
Pengertian The Dude

Untuk membuat link kita pilih saja “Line” lalu hubungkan perangkatnya dengan cara "Drag&Drop". Setelah itu tentukan jenis port/ interface yang tersambung sesuai dengan keadaan real yang ada.
Pengertian The Dude

Monitoring dengan The Dude

Kita dapat memonitoring perangkat yang sudah kita tambahkan secara langsung. Pertama kita dapat memonitoring dari warna yang tampil di tiap-tiap perangkat. Warna Hijau itu menandakan kalau perangkat aktif dan link bagus. Warna orange itu menandakan kalau perangkat aktif tetapi terdapat beberapa service yang down. Warna Merah itu menandakan kalau perangkat tidak aktif dan link juga down.
Selain itu kita juga dapat melihat status dari service yang sedang berjalan dengan meletakkan pointer dari mouse di atas perangkat yang akan dimonitor. Tampilannya akan terlihat seperti berikut ini.
Pengertian The Dude

Kita juga dapat memonitoring dengan memilih 2 kali pada perangkat. Dari situ akan tampil informasi tentang kondisi serta status perangkat secara lengkap.
Pengertian The Dude

Selain itu kita dapat mengkonfigurasi (meremote dan mengubah) perangkat yang tampil lewat aplikasi tersebut, misalkan kita menggunakan talnet, winbox dan lain-lain. Dan dapat juga kita memakai semua fitur tersebut dengan cara pilih kanan dengan mouse pada  perangkat yang akan kita monitor, lalu pilih Tools.

Demikian sedikit yang dapat kami jelaskan tentang apa yang dimaksud dude. Semoga apa yang kami jelaskan tentang Pengertian The Dude dalam blog temukan pengertian ini dapat membantu anda.
Advertisement
Artikel Terkait

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda di sini untuk mendapatkan artikel terbaru