Pengertian Unsur Ekstrinsik Cerpen

Pengertian Unsur Ekstrinsik Cerpen - Tahukah kamu apa itu unsur ekstrinsik cerpen? Unsur ekstrinsik cerpen merupakan suatu unsur yang dipunyai oleh suatu cerpen. Biasanya unsur ekstrinsik ini kurang diperhatikan oleh kebanyakan para pembaca cerpen dan pembaca hanya berfokus pada unsur intrinsik saja. Padahal unsur ekstrinsik ini juga sama pentingnya dengan unsur intrinsik yang tujuannya sama yaitu membangun cerita dalam suatu cerpen.  Unsur intrinsik bahkan sangat bergantung dengan unsur unsur ekstrinsik. Sebuah cerpen bisa dikatakan baik, apabila cerpen tersebut mampu menunjukkan dengan gamblang semua unsur ekstrinsik yang ada di dalam sebuah cerpen. Fungsi unsur ini sangatlah besar untuk membantu pembaca di dalam memahami cerita  dalam suatu cerpen.
Pengertian Unsur Ekstrinsik Cerpen

Topik tentang Unssur Ekstrinsik cerpen inilah yang akan kami uraikan dalam pembahasan ini.  Dalam pembahasan ini akan kami jelaskan mulai dari pengertian unsur ekstrinsik cerpen, dan apa saja yang menjadi unsur ekstrinsik  cerpen.

Baca juga artikel: Pengertian Cerpen

Apa yang dimaksud unsur ekstrinsik cerpen?

Unsur ekstrinsik cerpen adalah unsur dari luar yang membangun sebuah cerpen. Unsur Ekstrinsik tidak termasuk dalam cakupan cerita, namun berpengaruh dan memberi warna unsur intrinsiknya. Unsur ekstrinsik tersebut yaitu hal-hal yang berkaitan dengan pengarang dari suatu cerpen. Contoh unsur ekstrinsik yaitu pengalaman pengarang, latar belakang sosial budaya pengarang, lingkungan keagamaan, dan keadaan masyarakat. Semua unsur itu disadari atau tidak juga ikut mempengaruhi pada saat pengarang menyusun cerpen.

Latar Belakang Pengarang
Dapat berupa penelusuran pada kehidupan pengarang secara menyeluruh dan kondisi psikologis ketika menuliskan sebuah crepen. Kondisi psikologis pengarang ini dipengaruhi permasalahan pribadi yang sedang dihadapi,keadaan yang diharapkan atas dasar keinginannya,  kekecewaan pada peristiwa yang ada di masyarakat. Kadang gaya penulisan dan teknik penceritaan (pemakaian bahasa) seorang pengarang tidak selalu sama. Biasanya perubahan ini disebabkan aliran yang dianut si pengarang, Contohnya: Karya-karya Danarto yang ada sesudah Danarto memperdalam Ilmu Agama (Sufi), karya-karyanya lebih menekankan penilaian sebagai hal dari kacamata sufi.

Latar Belakang Masyarakat
Bisa berupa penelusuran pada peristiwa yang terjadi di masyarakat pada saat menuliskan sebuah cerpen. Pada dasarnya karya sastra dalam bentuk apapun adalah penanda Zaman. Hadirnya karya sastra ikut menjadi saksi terjadinya peristiwa bersejarah yang terjadi ketika itu. Misalnya Cerpenis idrus yang membuat karya revolusioner sebagai pembaruan angkatan sebelumnya, yaitu Pujangga Baru dan Balai Pustaka. Ungkapan dan kata-kata Idrus bernas dengan lukisan naturalis yang mencerminkan keadaan masyarakat yang tidak baik di masa itu.

Untuk menelusuri atau menentukan unsur ekstrinsik cerpen tersebut bisa dengan cara mempelajari biografi atau riwayat hidup sang pengarang secara menyeluruh, termasuk selera, pola pikir, kesukaan/ hobi, dan kebiasaan.

Demikian yang dapat kami uraikan tentang Pengertian Unsur Ekstrinsik Dalam Cerpen,  semoga uraian tersebut dapat membantu anda.

Artikel Terkait