Pengertian cerpen

Pengertian cerpencerpen adalah/ cerpen yaitu/ cerpen merupakan/ yang dimaksud cerpen/ arti cerpen/ definisi cerpen.

cerpen adalah cerita pendek yang termasuk karya sastra yang cukup digemari remaja, terutama sebagai sarana mengisi waktu dan mendapatkan nilai-nilai etika,moral, dan akhlak. Cerpen banyak dimuat di surat kabar, majalah, atau kumpulan cerpen (antologi cerpen). Kita dapat menggali ajaran moral dan amanat yang ada di dalamnya meskipun mungkin cerpen itu ditulis hanya sekedar untuk menghibur atau memberikan kesenangan.
Dalam bagian ini anda akan berlatih mengidentifikasi alur, penokohan dan latar dalam cerpen. Ketiga hal tersebut (alur, penokohan, dan latar) merupakan unsur intrinsik cerpen. Unsur intrinsik ini sama halnya dengan unsur intrinsik pada novel. Jika perlu pelajari kembali uraian mengenai unsur-unsur pembangun karya sastra pada pelajaran sebelumnya (pembahasan tentang novel).
Sebuah cerita harus menggambarkan di mana cerita tersebut berlangsung dan dalam suasana bagaimana cerita itu dilangsungkan. Latar atau setting bisa berupa tempat atau situasi.
Dalam cerita, setiap pelaku/ tokoh memiliki karakteristik tersendiri. Penokohan/ perwatakan ini akan menentukan apakah cerita itu baik atau tidak. Pada dasarnya, perwatakan dibagi menjadi protagonis dan antagonis. Protagonis adalah watak yang mendukukung (baik). Dalam cerita pasti ada tokoh degnan watak yang baik atau sangat baik. Biasanya orang menyebutnya  "yang punya lakon". Sementara watak jahat yang bertentangan dengan kebaikan disebut dengan antagonis. Ada juga istilah tritagonis untuk menyebut pelaku yang memiliki kedua watak tersebut (baik, buruk).
Itulah penjelasan yang dapat saya sampaikan tentang apa yang dimaksud cerpen, semoga penjelasan yang saya bagikan tersebut dapat bermanfaat buat anda.

Artikel Terkait