Pengertian Non Probability Sampling

Advertisement
Pengertian Nonprobability Sampling - Sampel adalah bagian populasi penelitian yang dipakai untuk memperkirakan hasil dari sebuah penelitian. Sedangkan teknik sampling merupakan bagian dari metodologi statistika yang berhubungan erat dengan cara-cara pengambilan sampel. Dalam sebuah buku yang berjudul “Metode Penelitian Akuntansi” yang dituliskan oleh Sujoko Efferin menyebutkan bahwa terdapat 2 teknik pengambilan sample. Teknik tersebut yaitu Probability Sampling dan Non Probability Sampling. Untuk teknik Probability Sampling sudah bahas sebelumnya, dan bisa anda baca dalam artikel: Pengertian Probability Sampling. Sedangkan untuk teknik Non Probability Sampling akan kami bahas dalam artikel ini. Sebelumnya tahukah kamu apa itu non probability sampling? apa yang dimaksud non probability sampling? Untuk kamu yang belum tahu, maka di sini saya akan menjelaskan definisi non probability sampling atau arti dari non probability sampling. Selain itu saya juga akan memberikan penjelasan tambahan yaitu jenis jenis non probability sampling.
Nonprobability sampling adalah

Pengertian Non Probability Sampling

Non probability sampling adalah kebalikan dari Probability sampling. Probabilitas elemen populasi yang dipilih tidak diketahui, teknik ini tidak memberikan peluang/ keselamatan sama bagi setiap unsur/ anggota populasi untuk dipilih menjadi sampel.

Atau Non Probability Sampling adalah teknik sampling yang memberikan kesempatan atau peluang yang tidak sama bagi setiap anggota populasi atau setiap unsur untuk dipilih sebagai sampel.

Eleman-elemen sampel dipilih berdasarkan kebijaksanaan peneliti sendiri. Dalam non probability sammpling, tiap-tiap elemen tidak diketahui apakah mempunyai kesempatan mmenjadi elemen-elemen sampel tersebut ataukah tidak.

Dalam sample jenis ini, tidak seluruh elemen memiliki peluang untuk terpilih menjadi sample, dengan begitu temuan hasil studi yang memakai sampling jenis ini tidak bisa langsung digeneralisasikan sebagai sebuah hasil penelitian terhadap populasi.

Tujuan dari peneliti memakai sampling ini yaitu untuk generalisasi terhadap populasi yang tidak begitu penting, dibanding dengan penemuan yang  diperoleh ketika melakukan sebuah penelitian, atau peneliti mempunyai hambatan-hambatan sehingga melakukan penghematan sumber daya yang ia miliki.

Pengertian Non Probability Sampling Menurut Para Ahli

Terdapat beberapa pengertian nonprobability sampling menurut para ahli, diantaranya yaitu sebagai berikut ini:

Pengertian non probability sampling menurut sugiyono (2016)

Non probability sampling adalah teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel yang tidak memberi kesempatan atau peluang yang sama bagi setiap anggota populasi atau setiap unsur untuk dipilih menjadi sebuah sampel.

Pengertian non probability sampling menurut Ridwan (2015)

Non probability sampling adalah teknik sampling yang tidak memberikan peluang atau kesempatan pada setiap anggota populasi untuk dijadikan sebagai anggota sampel.

Jenis-jenis Non Probability Sampling

Jenis-jenis non probability sampling diantaranya yaitu sebagai berikut ini:
  • Convenience Sampling
Convenience sampling akan dipilih seorang peneliti apabila penelitian sudah memiliki informasi mengenai elemen yang telah memenuhi syarat untuk dijadikan sebagai sebuah sample penelitian tersebut.
  • Purposive Sampling
Purposive sampling adalah sebuah metode untuk penetapan sample yang dilakukan dengan cara menentukan target dari elemen populasi yang diperkirakan paling cocok untuk dikumpulkan datanya.
  • Quota Sampling
Quota sampling yaitu jenis lain dari purposive sampling, untuk jenis sampling ini dalam menentukan banyaknya jumlah element yang terpilih sebagai sample akan ditentukan berdasarkan dari quota maksimal sebanding dengan komposisi tiap-tiap kelompok tersebut.
  • Judgement Sampling
Judgement Sampling adalah metode yang dipilih peneliti apabila peneliti menentukan subjek dari sample yang dipilih berdasarkan judgmemnt/ penilaian dari peneliti saja.
  • Snowball Sampling
Snowball sampling adalah teknik penentuan sampel yang awalnya jumlahnya kecil, lalu sampel ini disuruh untuk memeilih teman-temannya untuk dijadikan sebagai samel. Seperti itu seterusnya, sehingga jumlah sampel akan menjadi semakin banyak.
  • Sampling Aksidental
Sampling aksidental yaitu metode penentuan sampel atas dasar kebetulan yaitu siapa pun yang kebetulan bertemu dengan peneliti bisa digunakan sebagai sampel, jika rasa orang yang kebetulan ditemui tersebut cocok digunakan sebagai sumber data.

Itulah sedikit penjelasan mengenai Pengertian Non Probability Sampling. Semoga apa yang kami jelaskan dalam blog temukan pengertian ini dapat memberikan manfaat untuk anda.
Advertisement
Artikel Terkait

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda di sini untuk mendapatkan artikel terbaru