--> Skip to main content

Pengertian Entrepreneurship Dalam Wirausaha

Pengertian entrepreneurship dalam wirausaha – Istilah Entrepreneurship sering kali kita jumpai dalam hal berwirausha. Pernahkah kamu mendengar istilah entrepreneurship? Jika pernah apakah kamu bisa menjelaskan apa itu entrepreneurship? Jika kamu belum tahu apa yang dimaksud entrepreneurship? Maka di sini kamu bisa mempelajari definisi entrepreneurship agar nantinya kamu bisa paham seperti apa yang dimaksud dengan entrepreneurship itu. Dalam postingan ini akan kami bahas tentang pengertian entrepreneurship secara umum juga pengertian entrepreneurship menurut ahli. Selain itu juga kami langkapi dengan pembahasan perbedaan entrepreneurship dengan entrepreneur, ciri ciri entrepreneurship juga faktor penyebab Keberhasilan entrepreneur dan penyebab kegagalan entrepreneur. Berikut ini pembahasannya silahkan di simak.

Pengertian Entrepreneurship Dalam Wirausaha

Pengertian Entrepreneurship

Arti dari entrepreneurship adalah berasal dari Bahasa Perancis yaitu “entreprende” yang artinya memulai, melakukan, berusaha melakukan tindakan mengatur dan mengorganisir. Jadi pengertian entrepreneurship adalah sebuah proses kegiatan kreativitas dan inovasi dalam menciptakan suatu perubahan dengan memanfaatkan peluang dan berbagai sumber yang ada untuk menghasilkan nilai tambah untuk diri sendiri dan orang lain dan untuk memenangkan persaingan.

Atau definisi entrepreneurship adalah jiwa kewirausahaan yang dibangun bertujuan untuk menjembatani antara ilmu dengan kemampuan pasar. Entrepreneurship meliputi pembangunan/ pembentukan sebuah perusahaan baru, kegiatan kewirausahaan juga merupakan kemampuan managerial yang diperlukan oleh seorang entrepreneur.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Pengertian Entrepreneurship Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah beberapa penjelasan tentang definisi entrepreneurship menurut para ahli:

Pengertian Entrepreneurship Menurut Abu Marlo (Entrepreneurship Hukum Langit : 2013)

Menyatakan bahwa entrepreneurship merupakan sebuah kemampuan seseorang untuk peka terhadap adanya peluang dan memanfaatkannya untuk melakukan hal yang dapat membuat perubahan dari sistem yang ada. Peluang dalam dunia entrepreneurship merupakan kesempatan untuk melaksanakan atau mewujudkan suatu usaha dengan tetap memperhitungkan risiko yang akan dihadapi.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Pengertian Entrepreneurship Menurut Danang Sunyoto (Kewirausahaan untuk kesehatan : 2013)

Bahwa entrepreneurship adalah sebuah sikap untuk menciptakan sesuatu yang baru dan bernilai untuk diri sendiri dan juga untuk orang lain. Entrepreneurship tidaklah hanya tentang mencari keuntungan pribadi saja, akan tetapi juga harus memiliki nilai sosial.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Pengertian Entrepreneurship Menurut Surya (Kiat dan Proses Menuju Sukses : 2013)

Entrepreneurship adalah sebuah proses penerapan kreativitas dan inovasi untuk memecahkan dan mencari sebuah peluang dari masalah yang dihadapi setiap orang dalam kehidupan sehari-hari. Kreativitas merupakan sebuah kemampuan untuk membuat ide baru dengan cara mengkombinasi, mengubah ataupun merekonstruksi ide-ide yang lama. Kemudian inovasi yaitu penerapan dari penemuan sebuah proses produksi baru atau pengenalan akan sebuah produk yang baru.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Pengertian Entrepreneurship Menurut Robbin & Coulter

Entrepreneurship ialah sebuah proses di mana seseorang atau sebuah kelompok individu menggunakan segala upaya yang terorganisirdan sarana untuk mencari suatu peluang dan menciptakan nilai yang tumbuh dengan cara memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui keunikan dan inovasi, tanpa memperdulikan apapun sumber daya yang sedang digunakan ketika itu.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Pengertian Entrepreneurship Menurut Hermawan Kartajaya

Pengertian Entrepreneurship yaitu sebuah usaha untuk menciptakan nilai melalui pengamatan atas sebuah kesempatan bisnis dengan cara menjalankan manajemen terhadap risiko yang mungkin terjadi dan keterampilan untuk berkomunikasi juga memobilisasi sumber daya terutama pada sumber daya manusia sehingga mampu menciptakan sesuatu yang menguntungkan (menghasilkan).

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Perbedaan Entrepreneurship dan Entrepreneur

Jelaskan perbedaan entrepreneurship dan entrepreneur? Pada dasarnya perbedaan antara entrepreneurship dan entrepreneur adalah terletak pada proses dan pelakunya. Apabila entrepreneurship lebih merujuk pada kegiatan atau proses, maka entrepreneur lebih merujuk pada pelakunya. Jadi orang yang melakukan kegiatan entrepreneurship (kewirausahaan) disebut sebagai entrepreneur (wirausaha atau wiraswasta). Pada zman dahulu, istilah entrepreneur diguanakn sebagai sebutan untuk para pedagang yang membeli barang di daerah-daerah lalu menjualnya dengan harga yang tak pasti.

Perbedaan entrepreneurship dengan entrepreneur menurut Kasmir dalam kewirausahaan (2013) yaitu entrepreneurship meruapakn suatu kemampuan dalam menciptakan hal yang baru dan berbeda , sedangkan entrepreneur yaitu orang yang mempunyai kemampuan dalam menciptkan sesuatu yang sebelumnya belum pernah ada, atau menciptakan sesuatu yang berbeda dari yang sebelumnya telah ada

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Ciri ciri Entrepreneur

Ciri ciri entrepreneur adalah sebagai berikut ini:

  • Memiliki mimpi yang besar.
  • Suka dengan tantangan.
  • Pandai dalam mengatasi ketakutannya.
  • Mempunyai keyakinan yang sangat kuat.
  • Mempunyai cara pandang yang berbeda.
  • Pemasar sejati (penjual ulung).
  • Disiplin waktu untuk pemenuhan targetnya.
  • Selalu mencari yang sesuatu terbaik.
  • Tidak mudah menyerah.
  • Mempunyai kemampuan untuk memimpin.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Faktor Penyebab Keberhasilan Entrepreneur

Keberhasilan seorang entrepreneur itu bergantung pada kemampuan pada dirinya. Di mana seorang entrepreneur dapat berhasil apabila mempunyai kemauan keras dan tekad yang kuat, mempunyai modal yang cukup, tahu dengan persis akan target pasar, mempunyai pelayanan yang baik kepada pelanggan, mempunyai jaringan networking yang luas, bisa melakukan emasaran yang efektif serta dapat berinovasi dan berkreativitas tinggi.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Penyebab Kegagalan Entrepreneur

Pada dasarnya kegagalan itu bergantung pada kemampuan seorang entrepreneur. Kegagalan dapat terjadi apabila tidak berkompeten dalam manajerial, pengalaman yang kurang, kurang bisa mengendalikan keuangan, gagal dalam melakukan perencanaan, lokasi yang kurang memadai, sikap yang kurang bersungguh-sungguh dalam berusaha, kurang adanya pengawasan peralatan, dan kurang mampu dalam melakukan peralihan.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Demikian penjelasan yang dapat kami tulis tentang pengertian entrepreneurship dalam wirausaha. Semoga apa yang sudah kami tulis dalam blog temukan pengertian di atas dapat memberikan manfaat.

Buka Komentar
Tutup Komentar