Pengertian Bangsa

Advertisement
Pengertian bangsa - Kita hidup di dunia ini berbangsa-bangsa. Dengan berbangsa-bangsa kita bisa saling mengnal. Nah apa itu bangsa? Mungkin kita sering mendengar istilah bangsa namun belum bisa mendefinisikan seperti apakah bangsa itu. Untuk itulah pada pembahasan kali ini kami akan membahas tentang apa yang dimaksud bangsa, agar nantinya kamu yang belum tahu seperti apa yang dimaksud dengan bangsa bisa tahu dan bisa menjelaskan definisi dari bangsa. Da;am pembahasan kali ini selain membahas tentang arti dari bangsa secara umum, juga kami bahas tentang pengertian bangsa dalam arti sosialisasi antropologis, pengertian bangsa dalam arti politis, pengertian bangsa menurut para ahli, pengertian bangsa menurut kamus besar bahasa indonesia, unsur terbentuknya bangsa, dan ciri-ciri bangsa.
Pengertian Bangsa

Pengertian Bangsa

Bangsa terbentuk karena semakin bertambahnya jumlah manusia yang diikuti semakin kompleksnya kebutuhan yang harus dipenuhi manusia tersebut. Dari pernyataan tersebut yang menjadi pertanyaan adalah apakah bangsa itu? Pengertian bangsa adalah kumpulan manusia yang biasanya terikat karena adanya kesatuan atau kesamaan keturunan, adat, bahasa dan wilayah tertentu di muka bumi.

Pengertian Bangsa Dalam Arti Sosialisasi Antropologis

Jelaskan pengertian bangsa dalam arti sosiologis antropologis? Bangsa dalam arti sosiologis antropologis adalah sebagai persekutuan hidup masyarakat yang berdiri sendiri. Setiap anggota persekutuan hidup tersebut merasa satu kesatuan, satu rasa, satu bahasa, adat istiadat dan agama. Persektuan hidup maksudnya yaitu perkumpulan orang-orang yang saling bekerja sama dan membutuhkan untuk mencapai tujuan bersama pada suatu wilayah tertentu.

Pengertian Bangsa Dalam Arti Politis

Bangsa dalam arti politis adalah adalah suatu masyarakat dalam daerah yang sama, mereka tunduk pada kedaulatan negaranya sebagai suatu kekuasaan tertinggi ke luar dan ke dalam. Jadi, bangsa dalam arti politis adalah bangsa yang sudah bernegara dan mengaku serta tunduk pada kekuasaan dari Negara yang bersangkutan. Atau bisa pula dikatakan bangsa yang mempunyai kepentingan, nasib dan tujuan yang sama/ politis. Bangsa dalam pengertian politik inilah yang bisa memunculkan semangat kebangsaan atau paham nasionalisme. Selain itu suatu bangsa juga bisa berasal dari orang-orang yang memiliki kesamaan latar belakang sejarah, pengalaman dan perjuangan dalam mencapai hasrat untuk dapat bersatu.

Pengertian Bangsa Menurut Para Ahli

Pengertian bangsa menurut para ahli adalah seperti yang dijelaskan di bawah ini:
  • Pengertian Bangsa Menurut Otto Bauer, bangsa adalah salah satu persatuan karakter atau perangai yang timbul karena persamaan nasib.
  • Pengertian Bangsa Menurut Enest Renant, bangsa yaitu sekelompok manusia yang memiliki kehendak bersatu sehingga merasa dirinya adalah satu.
  • Pengertian Bangsa Menurut Hans Kohn, bangsa diartikan sebagai buah hasil tenaga hidup dalam sejarah, dan karena itu selalu bergelombang dan tak pernah membeku.
  • Pengertian Bangsa Menurut Ben Anderson, bangsa ialah sebagai komunitas politik yang dibayangkan dalam wilayah yang jelas batasnya dan berdaulat.

Demikian pengertian bangsa dari beberapa orang ahli yang satu dengan yang lainnya berbeda. Hal itu disebabkan oleh sudut pandang mereka yang berbeda.

Pengertian Bangsa Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia

Definisi Bangsa menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, bangsa adalah orang-orang yang bersamaan asal keturunan, adat, bahasa, dan sejarahnya serta berpemerintahan sendiri. Bangsa adalah kumpulan manusia yang terikat karena kesatuan bahasa dan wilayah tertentu di muka bumi. Bangsa Indonesia adalah sekelompok manusia yang mempunyai kepentingan yang sama dan menyatakan dirinya sebagai suatu bangsa, serta berproses dalam suatu wilayah di Nusantara.

Unsur Terbentuknya Bangsa

Unsur terbentuknya bangsa adalah sebagai berikut:
  • Ada sekelompok manusia yang mempunyai kemauan untuk bersatu.
  • Berada dalam suatu wilayah tertentu.
  • Ada kehendak untuk membentuk atau berada di bawah pemerintahan yang dibuatnya sendiri.
  • Secara psikologis merasa senasib, sepenanggungan, setujuan, dan secita-cita.
  • Ada kesamaan karakter, identitas, budaya, bahasa, dan lain-lain sehingga dapat dibedakan dengan bangsa lainnya.

Dari unsur-unsur tersebut dapat disimpulkan bahwa bangsa adalah sekelompok manusia yang berbeda dalam suatu wilayah tertentu yang mempunyai karakter, identitas suatu budaya yang khas dan bersatu, serta tunduk pada aturan tertentu karena persamaan nasib, tujuan atau cita-cita.

Ciri-ciri Bangsa

Ciri-ciri bangsa adalah sebagai berikut ini:
  • Sekelompok manusia yang mempunyai rasa kebersamaan (self belonging together).
  • Keanggotaan orangnya bersifat nasionalitas atau kebangsaan.
  • Mempunyai wilayah tertentu namun belum mempunyai pemerintahan sendiri.
  • Ada suatu kehendak bersama untuk membentuk ataupun berada di bawah pemerintahan yang dibuatnya sendiri.
  • Tidak bisa ditentukan secara pasti kapan waktu kelahirannya, misal suku bangsa betawi tidak diketahui dengan pasti kapan mulai ada suku bangsa betawi tersebut.

Demikian penjelasan tentang Pengertian Bangsa. Semoga apa yang kami tuliskan dalam blog temukan pengertian ini dapat bermanfaat.
Advertisement
Artikel Terkait

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda di sini untuk mendapatkan artikel terbaru