Pengertian Interaksi Sosial Disosiatif

Advertisement
Pengertian interaksi sosial disosiatif - Interaksi sosial ada 2 yaitu interaksi sosial asosiatif dan disosiatif. Untuk interaksi sosial asosiatif telah kami bahas sebelumnya dalam artikel yang berjudul: Pengertian interaksi sosial asosiatif. Sedangkan untuk interaksi sosial disosiatif akan kemi bahas di sini. Apa itu interaksi sosial disosiatif. Seperti apakah yang dimaksud interaksi sosial disosiatif itu? Sudah tahukah kamu apa yang dimaksud dengan interaksi sosial disosiatif? Bagi kamu yang masih belum bisa menjelaskan tentang arti interaksi sosial disosiatif. Maka di sini kami akan memberikan penjelasan tentang definisi interaksi sosial disosiatif atau arti dari interaksi sosial disosiatif. Langsung saja berikut ini pengertian interaksi sosial disosiatif dan bentuk bentuknya.
Pengertian Interaksi Sosial Disosiatif

Pengertian Interaksi Sosial Disosiatif

Interaksi Sosial Disosiatif adalah proses sosial yang mengarah pada konfik atau dapat merenggangkan solidaritas kelompok. Proses disosiatif disebut pula proses oposisi. Interaksi sosial disosiatif yaitu sebuah proses sosial yang menjurus ke masalah atau konflik, yang mengakibatkan kerenggangan dalam berinteraksi, biasa juga dikenal dengan sebuah proses oposisi. Proses interaksi sosial disosiatif terdiri dari tiga bentuk, yaitu persaingan, kontravensi, dan konflik.

Bentuk-bentuk Interaksi Sosial Disosiatif

Penjelasan dari bentuk bentuk interaksi sosial disosiatif adalah sebagai berikut ini.
  • Persaingan atau kompetisi yaitu sebuah interaksi sosial yang terjadi karena adanya persaingan antar individu atau kelompok.
  • Kontravensi yaitu sebuah bentuk interaksi sosial yang ditandai dengan adanya ketidakpastian tentang diri seseorang ataupun sesuatu yang terdapat dalam perasaan yang tidak bisa disembunyikan.
  • Pertentangan yaitu sebuah interaksi sosial atar individu atau kelompok yang berusaha untuk memenuhu tujuannya yang disertai dengan ancaman atau kekerasan.
Pengertian Interaksi Sosial Disosiatif

Itulah Pengertian interaksi sosial disosiatif.Ssemoga apa yang kami tulis dalam blog temukan pengertian ini bisa bermanfaat.
Advertisement
Artikel Terkait

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda di sini untuk mendapatkan artikel terbaru