--> Skip to main content

Pengertian Akomodasi dan Tujuannya beserta Bentuknya

Pengertian akomodasi dan tujuannya beserta bentuknya – Istilah akomodasi merupakan salah satu istilah yang sering dipakai dalam berbagai interaksi sosial. Apa itu akomodasi? Seperti apakah akomodasi itu? Nah definisi akomodasi inilah yang akan kami bahas dalam pembahasan ini. Bagi kamu yang belum tahu dengan apa yang dimaksud dengan akomodasi, kamu bisa membaca penjelasan tentang apa yang dimaksud akomodasi di sini. Di sini selain membahas tentang arti akomodasi, juga kami bahas tentang tujuan akomodasi dan bentuk-bentuk akomodasi. Oke langsung saja simak penjelasannya sebagai berikut.

Pengertian Akomodasi dan Tujuannya beserta Bentuknya

Pengertian Akomodasi

Pengertian Akomodasi adalah cara menyelesaikan pertentangan antara dua pihak tanpa menghancurkan salah satu pihak, sehingga kepribadian masing-masing pihak tetap terpelihara. Atau pengertian akomodasi yaitu sebuah upaya yang dilakukan untuk menyelesaikan suatu konflik atau masalah yang terjadi antara dua pihak ataupun lebih sehingga dapat tercapai suatu keadaan yang kondusif.

Bisa juga didefinisikan bahwa akomodasi adalah proses penyesuaian sosial dalam upaya untuk menyelesaikan masalah yang terjadi antara dua pihak. Di mana akomodasi adalah usaha penyesuaian untuk mencapai suatu kondisi yang lebih baik (kondusif).

Istilah akomodasi juga sering dipakai sosialog untuk mendeskripsikan suatu keadaan di mana individu ataupun kelompok yang sedang berkonflik/ bersaing berusaha untuk menyesuaikan hubungan mereka sehingga bisa mengatasi masalah yang mereka alamai.

Tidak hanya itu, istilah akomodasi juga digunakan di beberapa bidang, diantaranya yaitu bidang psikologi, mata, dan traveling. Berikut ini adalah pengertian akomodasi dalam bidang-bidang tersebut.

  • Pengertian akomodasi dalam psikologi adalah penyesuaian tingkah laku manusia.
  • Pengertian akomodasi dalam traveling adalah fasilitas penginapan bagi orang yang berpergian, misalnya hotel dan losmen.
  • Pengertian akomodasi pada mata adalah pemfokusan penglihatan atau penyesuaian mata untuk melihat.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Tujuan Akomodasi

Tujuan akomodasi adalah sebagai berikut ini:

  • Mengurangi pertentangan atau meminimalisir konflik antar individu atau kelompok akibat perbedaan paham.
  • Mencegah meluasnya pertentangan untuk sementara waktu.
  • Mewujudkan kerja sama antara kelompok yang hidup terpisah karena perbedaan faktor sosial dan budaya.
  • Menyatukan kelompok-kelompok sosial yang mempunyai latar belakang berbeda tetapi mempunyai tujuan yang sama.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Bentuk-bentuk Akomodasi

Seperti apakah bentuk bentuk akomodasi dan penjelasannya? Mengenai bentuk bentuk akomodasi adalah sebagai berikut ini:

  1. Coercion yaitu suatu bentuk akomodasi yang dapat terjadi karena adanya pemaksaan kehendak pihak tertentu kepada pihak lain yang lebih lemah.
  2. Kompromi yaitu suatu bentuk akomodasi dimana pihak yang berselisih saling mengurangi tuntutan supaya menemukan sebuah penyelesaian, serta seluruh pihak bersedia untuk memahami dan merasakan keadaan pihak yang lain.
  3. Arbitrasi yaitu suatu bentuk akomodasi dimana pihak-pihak yang terlibat dalam perselisihan tidak dapat mencapai kompromi sendiri. Untuk itu, akan diundang pihak ketiga yang tidak memihak/ netral untuk mengusahakan penyelesaian pertentangan tersebut. Pihak ketiga disini dapat pula ditunjuk atau dilaksanakan oleh sebuah badan yang mempunyai wewenang.
  4. Mediasi yaitu bentuk akomodasi yang mirip dengan arbitrasi. Tetapi, pihak ke-3 yang bertindak sebagai penengah dan tidak berwenang untuk memberi keputusan penyelesaian terhadap pertikaian pada kedua belah pihak.
  5. Konsiliasi yaitu suatu bentuk akomodasi untuk mempertemukan keinginan-keinginan dari pihak-pihak yang berselisih demi tercapainya suatu persetujuan bersama.
  6. Toleransi yaitu suatu bentuk akomodasi tanpa adanya kesepakatan yang resmi. Biasanya terjadi karena adanya keinginan-keinginan untuk sebisa mungkin menghindarkan diri dari pertikaian yang dapat merugikan diantara kedua belah pihak.
  7. Stalemate yaitu suatu bentuk akomodasi pada saat kelompok yang terlibat pertentangan mempunyai kekuatan seimbang.
  8. Ajudikasi yaitu penyelesaian sengketa atau permasalahan melalui jalur hukum atau pengadilan.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Karakteristik Akomodasi

Akomodasi umumnya diawali dengan upaya mengurangi berbagai sumber masalah oleh pihak-pihak yang sedang bertikai, sehingga masalah bisa teratasi dengan segara. Beberapa dari karakteristik akomodasi yaitu sebagai berikut ini:

  • Kebutuhan akan akomodasi itu terjadi karena adanya masalah (konflik) atau pertentangan.
  • Akomodasi merupakan proses yang terjadi secara terus-menerus (berkesinambungan).
  • Akomodasi merupakan perpaduan atara cinta dan kebencian.
  • Akomodasi bersifat universal.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Seperti itulah penjelasan yang bisa kami tulis tentang pengertian akomodasi dan tujuannya beserta bentuknya. Semoga apa yang sudah kami tulis dalam blog temukan pengertian ini bisa bermanfaat.

    Buka Komentar
    Tutup Komentar