Skip to main content

Pengertian Ion

Pengertian IonIon adalah/ Ion yaitu/ Ion merupakan/ yang dimaksud Ion/ arti Ion/ definisi Ion.
definisi Ion

Ion merupakan atom atau kumpulan atom yang bermuatan listrik. Berdasarkan muatan listriknya ion dibedakan menjadi kation dan anion. Kation adalah ion-ion yang bermuatan listrik posifit, sedangkan anion adalah ion-ion yang bermuatan negative. Jika dua buah ion yang berbeda bermuatan ini saling berdekatan, maka akan terjadi gaya tarik-menarik yang pada akhirnya akan terbentuk senyawa.

Senyawa yang tersusun oleh ion-ion ini dinamakan senyawa ion. Salah satu contoh senyawa ion, yaitu natrium klorida (garam kapur). Ion yang bermuatan positif disebut ion positif, contohnya H+, N+, dan Ca2+. Ion yang bermuatan negative disebut ion negatif, contohnya Cl-, O2-, dan SO42-.

Demikian informasi tentang Pengertian Ion semoga bermanfaat.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Tambahkan aplikasi Temukan Pengertian di smartphone tanpa install, buka Temukan Pengertian dengan browser Chrome di smartphone kemudian klik ikon 3 titikdi browser lalu pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya buka aplikasi Temukan Pengertian dari layar utama smartphone Anda.
Buka Komentar
Tutup Komentar