Skip to main content

Pengertian Guestbook

Pengertian guestbook - Apa itu guestbook? Biasanya Guestbook (Buku Tamu) dalam kehidupan nyata digunakan untuk daftar tamu yang masuk ke dalam suatu tempat, misalnya tempat penginapan di hotel atau tempat-tempat lain yang biasanya untuk kunjungan. Nah yang akan kamu bahas di sini yaitu tentang apa yang dimaksud dengan guestbook yang dipakai dalam forum internet. Bagi kamu yang sering menggunakan forum-forum di internet tentunya sudah tidak asing lagi dengan apa yang dimaksud guestbook. Namun bagi kamu yang masih awam dengan hal tersebut, di sini kamu bisa menyimak pembahasan kami tentang arti dari guestbook dalam internet beserta dengan fungsi guestbook.
Pengertian guestbook

Menu Pembahasan

Pengertian Guestbook

Arti istilah guestbook apabila diterjemahkan dalam bahasa indonesia artinya yaitu buku tamu. Dalam dunia internet guestbook biasanya disebut dengan buku tamu On-line. Jadi guestbook adalah fasilitas interaktif dalam sebuah web yang memungkinkan pengunjungnya menulis pesan, mengirim pesan, dan membaca pesan dari pengunung lain, dengan kata lain yaitu mendata pengunjung situs yang mengisi buku tamu. Dengan guestbook ini pengunjung bisa menuliskan namanya, alamat e-mailnya dan juga alamat situs homepagenya (jika punya). Tidak hanya itu saja pengunjung juga dapat memberikan komentar terhadap homepage situs yang dikunjungi, contohnya kritik dan saran atau bagian mana yang masih kurang dan bagian mana yang menarik.

Jadi dengan adanya guestbook ini dapat terjalin interaksi dan komunikasi antara pengunjung dengan pembuat atau pemilik web, sehingga dapat tercipta suatu bentuk komunikasi yang lebih akrab dan bisa digunakan untuk menjalin hubungan yang baik yang selanjutnya diharapkan bisa memberikan suatu kiriman yang lebih bermanfaat untuk meningkatkan kinerja web tersebut.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Fungsi Guestbook

Fungsi guestbook pada sebuah web adalah sebagai berikut:
  • Dapat menjalin interaksi komunikasidan bisa berdialog langsung dengan pemilik web.
  • Pengunjung yang berkunjung dan mendaftar sebagai Guestbook pada sebuah web/ blog akan merasa mendapatkan perhatian dari pemilik web, sehingga keuntungannya yang didapat yaitu seringnya pengunjung tersebut untuk berkunjung kembali dan melihat perkembangan web/ blog tersebut.
  • Dapat meingkatkan jalur silaturahim antara sesama user/ pengguna.
  • Bisa digunakan sebagai sarana untuk saling bertukar link, saling berbagi info, bertukar follow, bahkan sebagai rujukan supaya saling berbagi kunjungan ke sesama blog/ web.
  • Sebagai sarana dalam memberikan ruang yang lebih luas bagi para pengunjung untuk dapat memberikan sebuah komentar, pendapat bahkan request sehubbungan dengan web/ blog sehingga manfaat yang bisa diambil yaitu untuk perkembangan dan kemajuan yang lebih baik untuk blog/ web yang dibuat.
  • Sebagai tempat untuk saling berdiskuisi mengenai masalah dan pendapat yang dilakukan untuk mempererat hubungan antar blog.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Seprti itulah penjelasan yang dapat kami bagikan tentang pengertian guestbook dan fungsi guestbook. Semoga penjelasan tersebut yang sudah kami tulis pada blog temukan pengertian ini bisa memberikan manfaat dan menambah pengetahuan kita.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Tambahkan aplikasi Temukan Pengertian di smartphone tanpa install, buka Temukan Pengertian dengan browser Chrome di smartphone kemudian klik ikon 3 titikdi browser lalu pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya buka aplikasi Temukan Pengertian dari layar utama smartphone Anda.
Buka Komentar
Tutup Komentar