--> Skip to main content
Menu

Pengertian Pengukuran tunggal

Pengertian Pengukuran tunggalPengukuran tunggal adalah/ Pengukuran tunggal yaitu/ Pengukuran tunggal merupakan/ yang dimaksud Pengukuran tunggal/ arti Pengukuran tunggal/ definisi Pengukuran tunggal.
Pengukuran tunggal adalah

Pengukuran merupakan sesuatu yang sering kita jumpai dan kita praktekkan dalam kehidupan sehari-hari untuk mengukur sesuatu. Pengukuran itu juga ada macam-macamnya. Macam-macam pengukuran dibedakan menjadi 2 macam yaitu pengukuran tunggal dan pengukuran berulang. Dalam kesemapatan ini kami akan menjelaskan tentang apa itu pengukuran tunggal. Nah inilah penjelasan yang perlu kamu ketahui tentang Pengertian Pengukuran tunggal.
Pengukuran tunggal adalah pengukuran yang dilakukan satu kali saja. Pengukuran tunggal umumnya dilakukan apabila besaran yang diukurnya tidak berubah-ubah sehingga hasil diukur dianggap akurat. Contohnya pengukuran tunggal yaitu mengukur pensil. Pengukuran tunggal juga dilakukan apabila kesempatan untuk melakukan pengukuran hanya sekali saja sehingga tidak memungkinkan untuk melakukan pengukuran berulang.
Ketidakpastian pada pengukuran tunggal ditentukan dari setengah skala terkecil dari alat ukur yang digunakan. Secara matematis, dapat ditulis:

x = ½ x skala terkecil

Kekurangan dalam pengukuran tunggal yaitu pengukuran tunggal memberikan hasil yang kurang teliti dikarenakan hanya melakukan pengukuran sekali saja.

Demikian penjelasan singkat tentang PengertianPengukuran tunggal semoga mudah dimengerti.