Skip to main content

Pengertian Intrusi Magma

Pengertian Intrusi MagmaIntrusi Magma adalah/ Intrusi Magma yaitu/ Intrusi Magma merupakan/ yang dimaksud Intrusi Magma/ arti Intrusi Magma/ definisi Intrusi Magma.
arti Intrusi Magma

Intrusi Magma adalah penerobosan magma yang tidak sampai ke permukaan bumi. Peristiwa intrusi magma disebut juga plutonisme. Walaupun tidak sampai ke permukaan bumi, penerobosan ini menghasilkan batuan beku ke dalam lapisan kulit bumi yang disebut intrusive. Bentuk-bentuk intrusi magma di antaranya batolit, lakolit, kepiting intrusi, gang, dan apofisa.
a. Batolit adalah magma yang membeku di dalam dapur magma.
b. Lakolit adalah batuan beku yang terbentuk dari resapan magma dan membeku di antara dua lapisan batuan. Lakolit berbentuk seperti lensa cembung.
c. Kepiting intrusi atau sill adalah batuan beku yang terbentuk di antara dua lapisan batuan dengan bentuk pipih dan melebar.
d. Gang atau korok adalah batuan beku yang berbentuk pipih atau melebar yang merupakan hasil intrusi magma yang memotong lapisan-lapisan batuan dengan arah tegak atau miring.
e. Apofisa adalah gang yang relatif kecil dan merupakan cabang dari sebuah gang.
Demikian penjelasan tentang Pengertian Intrusi Magma, silahkan dipelajari semoga dapat bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Tambahkan aplikasi Temukan Pengertian di smartphone tanpa install, buka Temukan Pengertian dengan browser Chrome di smartphone kemudian klik ikon 3 titikdi browser lalu pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya buka aplikasi Temukan Pengertian dari layar utama smartphone Anda.
Buka Komentar
Tutup Komentar