Pengertian Energi potensial

Advertisement
Pengertian Energi potensialEnergi potensial adalah/ Energi potensial yaitu/ Energi potensial merupakan/ yang dimaksud Energi potensial/ arti Energi potensial/ definisi Energi potensial.
Energi potensial adalah

Energi potensial adalah energi yang dimiliki oleh benda karena ketinggian/ kedudukan terhadap titik acuan. Energi ini tersembunyi di dalam benda, tetapi jika diberi kesempatan, energi ini dapat dimanfaatkan. Sebagian energi listrik termasuk energi potensial. Contohnya, elektron-elektron yang berada dalam suatu medan listrik memiliki energi potensial. Elektron-elektron tersebut bergerak dari titik yang memiliki energi potensial rendah ke titik yang memiliki energi potensial tinggi.

a. Energi potensial gravitasi
Sebuah benda massanya m berada pada ketinggian h dari lantai yang mendatar, jika percepatan gravitasi g, maka besarnya energi potensial dapat dirumuskan sebagai berikut.
Ep= mgh
Keterangan:
Ep= energi potensial (J)
m= massa benda (kg)
h= ketinggian benda (m)

Sebuah benda massanya m yang mula-mula berada pada ketinggian h1 dari latai mendatar, kemudian setelah t detik, benda berada pada ketinggian h2 dari permukaan. Hubungan antara usaha dan energipotensial dapat ditulis sebagai berikut.

W= Ep = mg (h2-h1)

b. Energi potensial listrik

Keterangan:
Ep= energi potensial listrik (J)
k= konstanta Coulomb (9 x 109 Nm2/C2)
r= jarak antara muatan 1 dan muatan 2 (m)
q1,q2= muatan listrik (C)

Itulah penjelasan yang dapat saya sampaikan tentang Pengertian energi potensial, semoga informasi yang saya sapaikan diatas dapat bermanfaat.
Advertisement
Artikel Terkait

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda di sini untuk mendapatkan artikel terbaru