Skip to main content

Pengertian Paragraf Induktif

Pengertian Paragraf InduktifParagraf Induktif adalah/ Paragraf Induktif yaitu/ Paragraf Induktif merupakan/ yang dimaksud Paragraf Induktif/ arti Paragraf Induktif/ definisi Paragraf Induktif.
yang dimaksud Paragraf Induktif

Di sekolah dalam pelajaran bahasa Indonesia, kita seringkali menemui soal tentang apa itu paragraf induktif? dana apa contoh paragraf induktif. Untuk kalian yang belum tahu seperti apa paragraf induktif  dan contohnya. Anda bisa menyimak penjelasannya berikut ini.

Paragraf induktif adalah paragraf yang diawali dengan kalimat-kalimat penjelas dan diakhiri dengan kalimat utama. Jadi, ide pokoknya berada di akhir paragraf.

Contoh paragraf deduktif:
Ani tidak pernah telat masuk sekolah. Ani juga selalu mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh gurunya. Saat dirumah Ani juga rajin membantu pekerjaan orang tuanya. Ani memang anak yang rajin.

Paragraf tersebut dapat dikelompokkan sebagai paragraf induktif karena kalimat utamanya terletak di akhir, yaitu Ani memang anak yang rajin.

Semoga penjelasan tentang definisi paragraf Induktif tersebut dapat bermanfaat buat anda.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Tambahkan aplikasi Temukan Pengertian di smartphone tanpa install, buka Temukan Pengertian dengan browser Chrome di smartphone kemudian klik ikon 3 titikdi browser lalu pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya buka aplikasi Temukan Pengertian dari layar utama smartphone Anda.
Buka Komentar
Tutup Komentar