--> Skip to main content
Menu

Pengertian Renang

Pengertian RenangRenang adalah/ Renang yaitu/ Renang merupakan/ yang dimaksud Renang/ arti Renang/ definisi Renang.
Renang yaitu

Renang merupakan salah satu aktivitas olahraga yang dilakukan di dalam air. Olahraga yang dilakukan di dalam air. Olahraga renang sangat bermanfaat karena dapat melatih semua anggota tubuh serta memberi efek menyenangkan. Setiap orang akan merasa senang jika bermain air, bukan? Dengan bermain air, kita akan merasakan rasa sejuk dan menyegarkan. Hal inilah yang menjadikan banyak orang mempunyai aktivitas renang.
Terlebih lagi di sekitar kita banyak wadah air yang bisa dimanfaatkan untuk tempat berenang. Namun, dalam melakukan aktivitas renang ini kita harus sangat memperhatikan faktor keselamatan dalam berenang. Teknik berenang yang benar juga sangat memengaruhi faktor keselamatan.
Dalam olahraga renang dikenal dua macam prinsip dasar agar bisa bergerak di dalam air, yaitu prinsip mengapung dan meluncur. Kedua prinsip ini sangat penting pada waktu belajar renang.  Dalam belajar renang hal yang paling utama adalah menghilangkan rasa takut terhadap air. Kebanyakan pada saat awal belajar renang seseorang takut akan tenggelam di dalam air, sehingga pengenalan air agar tubuh menjadi rileks saat masuk ke dalam air sangatlah penting.
Untuk itu, sebaiknya anda masuk ke kolam yang dangkal terlebih dahulu. Setelah terbiasa dan keberaniannya mulai muncul, bisa mulai masuk ke kolam renang yang agak dalam.
Apabila sudah tidak tidak takut dengan air (berani memasukkan kepala ke dalam air cukup lama), secara pelan-pelan mengapungkan tubuh anda di atas permukaan air. Dengan posisi wajah dan pandangan mata menghadap ke lantai kolam renang sambil menahan nafas. Setelah berhasil mengapung di dalam air, langkah berikutnya meluncur di dalam air. Berikut yang dijelaskan terlebih lengkap mengenai teknik mengapung dan meluncur.
1. Mengapung
Bagi perenang pemula, cara mengapung di permukaan air sulit untuk dilakukan. Untuk dapat mengapung dibutuhkan waktu yang cukup lama dalam berlatih. Ada beberapa cara untuk latihan mengapung, yaitu sebagai berikut.
a. Masuk dalam air
Belajar renang sebaiknya dilakukan di dalam kolam yang dangkal yaitu setinggi kurang lebih 1 meter. Untuk berlatih mengapung dengan masuk dalm air, lakukan hal-hal berikut.
- Berlutut dengan menggerak-gerakkkan lengan di bawah permukaan air.
- Berpeganglah pada pegangan khusus di sisi kolam dan tarik tubuh maju mundur, serta menjauhi dan mendekati dinding.
- Cari tangga masuk kolam yang terendam dalam air, letakkan kedua tangan di atas permukaan tangga degnan menghadap ke bawah dan kepala menghadap ke dinding kolam kemudian apungkan kaki terjulur ke belakang sehingga tubuh akan merasakan melayang di permukaan air, kemudian lakukan naik turun di anak tangga sebanyak 5-6 kali.
- Berpegangan di pinggir kolam renang, kemudian togok dan tungkai diluruskan atau diangkat ke prmukaan air, kemudian mengambang dengan posisi telungkup, tangan lurus ke depan, dan kepala terangkat dari permukaan air.
b. Mengapung
Latihan mengapung dapat dilakukan sebagai berikut.
- Tangan berpegangan pada tiang atau parit dinding kolam, angkat kaki hingga tubuh dalam posisi telungkup, dan gerakkan kedua kaki turun naik berulang-ulang sehingga tubuh merasakan mengambang di permukaan air.
- Berlatih mengapung degnan tangan memegang papan luncur masuk ke dalam air. Saat tangan memegang papan luncur, angkat kedua kaki hingga mengambang telungkup sehingga tubuh akan merasakan mengembang di permukaan air.
2. Meluncur
Setelah dapat mengapung di atas permukaan air, latihan berikutnya adalah latihan meluncur, caranya sebagai berikut.
a. Meluncur dengan menolakkan kaki pada dinding
Berdiri di pinggir kolam renang, punggung membelakangi pinggir kolam renang, kemudian turunkan bahu ke dalam air sehingga hanya kepalanya yang berada di permukaan air. Tolakkan salah satu kaki pada dinding, tubuh meluncur ke depan, kaki tidak bergerak.
b. Meluncur dengan menggunakan papan luncur
Pegang papan luncur di depan di atas permukaan air, bersamaan dengan mengangkat kedua tungkai di dpermukaan air hingga posisi tubuh terangkat ke permukaan air. Gerakkan tungkai turun naik hingga badan bergerak ke depan meluncur.
c. Meluncur Diawali dengan loncatan
Dari posisi berdiri di pinggir kolam renang kedua lengan harus di samping telinga, kemudian meloncat dengan menukik ke dalam air hingga posisi tubuh meluncur di permukaan air. Biarkan tubuh dengan sendirinya maju atau terdorong ke depan.
3. Posisi Tubuh
Posisi tubuh saat berenang ialah streamline artinya sejajar dengan permukaan air. Tubuh harus berputar pada sumbunya dan hindari gerakan yang mengakibatkan posisi tubuh naik dan turun.
Itulah penjelasan yang dapat saya bagikan tentang Pengertian renang, semoga penjelasan tersebut bisa memberikan manfaat buat kita.