--> Skip to main content
Menu

Pengertian Ekosistem Buatan

Pengertian Ekosistem buatanEkosistem buatan adalah/ Ekosistem buatan yaitu/ Ekosistem buatan merupakan/ yang dimaksud Ekosistem buatan/ arti Ekosistem buatan/ definisi Ekosistem buatan.
Ekosistem buatan adalah

Ekosistem buatan adalah ekosistem yang diciptakan manusia untuk memenuhi kebutuhannya. Ekosistem buatan merupakan subsidi energi dari luar. Tanaman atau hewan peliharaan didominasi oleh pengaruh manusia, dan memiliki keanekaragaman rendah. Berikut contoh ekosistem buatan.
- Bendungan
Bendungan merupakan suatu ekosistem buatan yang berupa bangunan penahan atau penimbun air untuk berbagai keperluan, misalnya irigasi dan pembangkit listrik.
- Hutan Tanaman Industri (HTI)
Hutan tanaman industri merupakan hutan yang sengaja ditanami dengan jenis tanaman industri. Jenis tanaman yang umum ditanam adalah jati, pinus, mahoni, rasamala, dan damar.
- Agroekosistem
Agroekosistem merupakan suatu ekosistem buatan berupa ekosistem pertanian misalnya sawah irigasi sawah tadah hujan, sawah surjan, sawah rawa, sawah pasang surut, perkebunan (teh, kopi, kelapa sawit, dan karet), kolam tambak, ladang, dan pekarangan.
Itulah penjelasan yang dapat kami sampaikan tentang Pengertian Ekosistem Buatan, semoga penjelasan di atas bisa menambah pengetahuan kita.