Skip to main content

Pengertian Estuari

Pengertian EstuariEstuari adalah/ Estuari yaitu/ Estuari merupakan/ yang dimaksud Estuari/ arti Estuari/ definisi Estuari.
Estuari adalah

Estuari (muara) merupakan tempat bersatunya sungai dengan laut. Estuari sering dipagari oleh lempengan lumpur intertidal yang luas atau rawa garam. Salinitas air berubah secara bertahap mulai dari daerah air tawar ke laut. Salinitas ini juga dipengaruhi oleh siklus harian dengan pasang surut airnya. Nutrien dari sungai memperkaya daerah estuari. Berdasarkan salinitasnya, estuari, dibedakan menjadi berikut.
- Oligohalin, yaitu estuari yang berkadar garam rendah (0,5 – 3 %).
- Mesohalin, yaitu estuari yang berkadar garam sedang (3- 17 %).
- Polihalin, yaitu estuari yang berkadar garam tinggi (di atas 17 %).
- Komunitas tumbuhan yang hidup estuari antara lain rumput rawa garam, ganggang, dan fitoplankton. Komunitas hewannya antara lain berbagai cacing, kerang, kepiting, dan ikan. Bahkan ada beberapa invertebrata laut dan ikan laut yang menjadikan estuarsi sebagai tempat kawin atau bermigrasi untuk menuju habitat air tawar. Estuari juga merupakan tempat mencari makan bagi vertebrata semi-air, yaitu unggas air.
Sekarang sudah tahu kan yang dimaksud Estuari itu yang bagaimana, semoga penjelasan di atas bisa menambah wawasan kita.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Tambahkan aplikasi Temukan Pengertian di smartphone tanpa install, buka Temukan Pengertian dengan browser Chrome di smartphone kemudian klik ikon 3 titikdi browser lalu pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya buka aplikasi Temukan Pengertian dari layar utama smartphone Anda.
Buka Komentar
Tutup Komentar