Pengertian Kopolimer

Pengertian Kopolimer – Pernah menjumpai pertanyaan seperti ini: jelaskan yang dimaksud kopolimer? Ya pertanyaan tentang apakah yang dimaksud dengan kopolimer itu biasa kita temui dalam pelajaran kimia di sekolah. Masih ingatkah kamu apakah yang dimaksud kopolimer itu? Mungkin diantara kamu masih ada yang ingat tentang apa yang dimaksud kopolimer. Namun bagi kamu yang sudah lupa atau belum pernah dapat materi tentang apa itu kopolimer, maka di sini kami akan menjelaskan tentang arti istilah kopolimer. Seperti apa arti kopolimer atau definisi kopolimer itu simak penjelasannya berikut ini. Oh ya dalam penjelasan ini juga kami berikan apa saja jenis jenis kopolimer dan contoh strukturnya beserta contoh kopolimer.
Pengertian Kopolimer

Pengertian Kopolimer

Kopolimer yaitu polimer hasil reaksi monomer-monomer yang lebih dari sejenis. Kopolimer adalah polimer yang terbentuk oleh lebih dari satu jenis moomer. Contoh Polietilen merupakan homopolimer, yang dibentuk hanya dari monomer etilena. jika etilena (CH2=CH2) dan propilena (CH2=CH–CH3) digabungkan membentuk polimer, akan terbentuk kopolimer.
Pengertian Kopolimer

Definisi kopolimer: Pada saat dua monomer atau lebih yang berbeda bersatu untuk dipolimerisasi maka hasilnya disebut dengan kopolimer sedangkan prosesnya disebut dengan kopolimerisasi. Biasanya monomernya mempunyai ikatan rangkap dua atau tiga yang mengalami sebuah reaksi silang dengan molekul yang lain untuk membentuk sebagai ikatan tunggal baru antara monomer. Ikatan rangkap dua yang berpartisipasi dalam reaksi polimerisasi yaitu mencakup ikatan rangkap C=C, ikatan rangkap C=N, dan ikatan rangkap C=O. Sedangkan ikatan rangkap tiga yang berpartisipasi dalam polimerisasi yaitu meliputi ikatan rangkap karbon-karbon atau gugus etilena dan ikatan rangkap tiga karbon-nitrogen atau gugus nitril.

Jenis Jenis Kopolimer dan Contoh Strukturnya

Jenis-jenis kapolimer adalah sebagai berikut:
  • Kapolimer acak yaitu kapolimer yang mempunyai sejumlah satuan berulang yang berbeda tersusun secara acak dalam rantai polimer.
  • Kapolimer bergantian yaitu kapolimer yang mempunyai beberapa kesatuan ulang yang berbeda berselang-seling adanya dalam rantai polimer.
  • Kapolimer balok (blok) yaitu kapolimer yang mempunyai suatu kesatuan berulang berselang-seling dengan kesatuan berulang lainnya dalam rantai polimer.
  • Kapolimer tempel/ grafit yaitu kapolimer yang mempunyai satu macam kesatuan berulang menempel pada polimer tulang punggung lurus yang mengandung hanya satu macam kesatuan berulang dari satu jenis monomer.

Struktur kopolimer yaitu sebagai berikut ini:
Pengertian Kopolimer

Contoh Kopolimer

Contohnya adalah saran, polietilena tereftalat, bakelit, nilon 6,6, dan karet nitril.

Demikianlah penjelasan yang dapat kami berikan tentang Pengertian kapolimer, semoga bisa dipahami dengan baik.

Artikel Terkait

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda di sini untuk mendapatkan artikel terbaru