Pengertian Polimer Alam

Advertisement
Pengertian polimer alam - Dalam pelajaran kimia tentunya anda pernah menjumpai sebuah pertanyaan seperti ini: apa yang dimaksud dengan polimer alam dan berikan contohnya? Tahukah kamu apa yang dimaksud polimer alam dan contohnya? Seperti apa itu polimer alam dan contoh polimer alam? Mungkin kita pernah mendapat materi definisi polimer alam dan contohnya namun kita lupa. Nah untuk itulah di sini kami akan memberikan penjelasan tentang arti polimer alam dan contohnya. Sebelum membahas pengertian polimer alam dan contohnya, terlebih dahulu kami jelaskan pengertian polimer. Polimer itu berasal dari kata poly yang artinya banyak dan meros yang artinya bagian. Jadi polimer ialah senyawa yang terbentuk dari penggabungan unit molekul-molekul kecil sehingga menjadi semakin banyak jumlahnya. Polimer sendiri berdasarkan asalnya dibagi menjadi dua yaitu polimer alam dan polimer sintetis. Nah di sini yang akan kami bahas yaitu polimer alam, untuk polimer sintetis akan kami bahas di lain waktu.  Berikut ini penjelasan tentang apa itu polimer dan contohnya selain itu juga kami jelaskan sifat polimer alam.
Pengertian Polimer Alam

Pengertian Polimer Alam

Polimer alam adalah polimer yang telah tersedia di alam dan terbentuk secara alami.  Polimer alam merupakan polimer yang terbentuk dikarenakan adanya sebuah reaksi kondensasi yang terjadi secara alami. Polimer alam itu bisa berasal dari bahan alam seperti kayu, kapas, karet alam, rambut dan kulit binatang. Kebanyakan polimer alam terbentuk melalui reaksi kondensasi. Namun, ada juga yang terbentuk karena polimerisasi adisi, yaitu poliisoprena/ karet alam.

Sifat polimer alam

Sifat polimer alam yaitu mudah menyerap air, kurang stabil, tidak stabil karena pemanasan serta sukar dibentuk.

Contoh Polimer Alam

contoh dari polimer alam adalah karet alam/ poliisoprena (dari monomer-monomer 2-metil-1,3-butadiena/ isoprena), protein (dari monomer-monomer asam amino), selulosa (dari monomer-monomer glukosa), asam nukleat amilium, glikogen, pati, dan kintin.

Berikut ini tabel beberapa contoh polimer alam:
Polimer
Monomer
Polimerisasi
Terdapat pada
Karet Alam
Isoprene
Adisi
Getah karet alam
Protein
Asam amino
Kondensasi
Telur, daging, susu, sutera, wol
Selulosa
Glukosa
Kondensasi
Kapas, kayu, sayur
Amilium
Glukosa
Kondensasi
Akar umbi, biji-bijian
Asam Nukleat
Nukleotida
Kondensasi
Molekul DNA, RNA

Itulah penjelasan dari kami tentang pengertian polimer alam. Semoga penjelasan yang kami tuliskan dalam blog temukan pengertian ini bisa menambah pengetahuan kita.
Advertisement
Artikel Terkait

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda di sini untuk mendapatkan artikel terbaru