Pengertian Homopolimer

Advertisement
Pengertian Homopolimer – Jelaskan apa yang dimaksud dengan homopolimer? Pernah menemui pertanyaan seperti itu? Dalam pelejaran kimia di sekolah tentunya kita pernah menjumpai tentang materi homopolimer. Masih ingatkah kamu apa itu homopolimer? Seperti apa yang dimaksud homopolimer itu? Bagi kamu yang sudah lupa arti homopolimer atau malah belum mendapatkan materi tentang apa yang dimaksud dengan homopolimer, maka di sini kami akan menjelaskan tentang apa yang dimaksud dgn homopolimer tersebut. Dalam penjelasan ini kami tidak hanya menjelaskan arti istilah homopolimer atau definisi homopolimer saja tetapi juga struktur homopolimer, sifat homopolimer dan juga contoh homopolimer.
Pengertian Homopolimer

Pengertian Homopolimer

Homopolimer adalah polimer hasil reaksi monomer sejenis (tersusun dari monomer yang sama atau tunggal). Homopolimer merupakan polimer yang tersusun dari monomer-monomer sejenis dan diproduksi secara langsung dalam sebuah reaktor (bisa diproduksi melalui train I dan II). Penggunaan produk akhir dari homopolimer yaitu untu aplikasi yang memerlukan sifat-sifat keras, kekakuan, serta kuat tarik yang tinggi.

Sifat Homopolimer

Setelah mengetahui arti dari homopolimer, maka berikut ini adalah beberapa Karakteristik homopolimer atau sifat homopolimer:
  • Mempunyai berat jenis yang paling ringan dengan perbandingan berat dan kekuatan yang tinggi.
  • Mempunyai daya tahan terhadap panas yang tinggi.
  • Mempunyai ketahanan terhadap tumbukan, gesekan selain itu tahan abrasi dan tahan lembab.
  • Permukaan kristalnya haus.
  • Kejernihannya baik.

Struktur Homopolimer

Homopolimer, merupakan sebuah polimer yang tersusun dari monomer-monomer sejenis dengan struktur sebagai berikut:
. . . – A – A – A – A – A – A – . . .

Contoh Homopolimer

Contoh homopolimer adalah PVC, polistirena, polipropilena, polietilena, amilum, poliisoprena, selulosa dan teflon.

Itulah sedikit penjelasan tentang Pengertian homopolimer. Semoga penjelasan yang kami uraikan dalam blog temukan pengertian ini memberikan manfaat.
Advertisement
Artikel Terkait

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda di sini untuk mendapatkan artikel terbaru