Pengertian Listrik Dinamis dan Contohnya

Advertisement
Pengertian listrik dinamis dan contohnya – Pada pembahasan kali blog temukan pengertian akan membahas tentang pengertian listrik dinamis beserta contoh. Bagi kamu mungkin ada yang pernah mendapat materi tentang apa itu listrik dinamis dan contohnya dalam pelajaran fisika, namun ada juga diantara kamu yang belum mendapatkannya. Jika kamu sudah mendapatkan materi tersebut namun sekarang sudah lupa, atau jika kamu belum dapat materi tersebut maka kamu bisa mengetahuinya dengan menyimak penjelasan dari kami tentang apa yang dimaksud listrik dinamis dan contohnya ini. Di sini kami juga memberikan penjelasan tentang perbedaan antara listrik dinamis dan listrik statis. Silahkan di simak berikut ini adalah penjelasan tentang arti listrik dinamis beserta contohnya.
Pengertian listrik dinamis dan contohnya

Pengertian Listrik Dinamis dan Contohnya

Pengertian listrik dinamis
Listrik dinamis yaitu listrik yang bisa mengalir atau bergerak dalam rangkaian listrik. Arus listriknya merupakan aliran muatan listrik yang biasanya melalui kawat penghantar tiap satuan waktu. Arah dari arus listrik searah dengan arah gerak muatan positif serta banyaknya muatan listrik yang bergerak melewati penhantar setiap satuan waktu.

Listrik Dinamis merupakan kajian tentang listrik yang berhubungan dengan muatan yang bergerak. Jumlah muatan listrik yang mengalir melalui penampung sebuah konduktor tiap satuan waktu disebut arus listrik. Arus listrik merupakan aliran muatan listrik positif dari potensial tinggi ke potensial rendah. Arah arus listrik berlawanan dengan arah elektron yang mengalir dari potensial rendah ke potensial listrik.

Contoh listrik dinamis
contoh listrik dinamis dalam kehidupan sehari-hari yaitu apabila kalian mempunyai mainan mobil-mobilan yang memakai batu baterai misalkan mainan mobil Mini Empat WD. Maka bisa diperhatikan kalau mobil-mobilan mini empat WD tersebut energi pada batu baterai yang digunakan untuk menggerakan motor listrik (yang sering disebut dinamo padahal sebetulnya itu motor) sehingga dengan begitu mobil-mobilan mini empat WD bisa berjalan.
Pengertian listrik dinamis dan contohnya

Bisa disimpulkan kalau berputarnya roda itu dikarenakan adanya gerakan oleh muatan yang bersumber dari baterai. Coba pindahkan atau tekan saklar pada posisi ON sehingga kedua ujung baterai bisa terhubung dengan dinamo (motor listrik) yang terdapat pada mobil-mobilan mini empat WD tersebut. Dalam posisi inilah motor listrik akan menyala, sehingga membuat roda-rodanya berputar dan mobil-mobilan mini empat WD bisa bergerak atau melaju. Sedangkan ketika saklar dipindah pada posisi OFF, maka hubungan baterai dengan motor listrik akan terputuskan sehingga dalam posisi ini motor listrik (dinamo) tidak bisa hidup, akibatnya roda-rodanya tidak mengalami perputaran dan mobil-mobilan pun tidak bisa bergerak. Prinsip kerja seperti itu juga bisa terjadi pada lampu senter yang memakai batu baterai sebagai sumber energinya.

Bisa di simpulkan kalau kejadian itu karena adanya gejala listrik. Gejala listrik bisa dibuktikan dengan bergeraknya motor listrik pada mobil-mobilan sehingga mengakibatkan roda berputar serta apabila terjadi pada lampu senter maka lampunya akan menyala. Dapat menyalanya motor listrik serta lampu senter itu karena adanya aliran elektron. Elektron yang mengalir itu berarti elektron-elektron tersebut bergerak terus atau disebut dinamis.  Karena itulah gejala listrik yang ditimbulkan dalam fenomena tersebut bisa disebut dengan  listrik dinamis. Beberapa contoh fenomena listrik dinamis yang lainnya yaitu terjadi pada radio, komputer, bor listrik, Rice cooker, kulkas, televisi, dan yang lainnya.

Perbedaan listrik statis dan dinamis
apakah perbedaan antara listrik statis dan listrik dinamis? jelaskan perbedaan antara listrik statis dan listrik dinamis? Berikut ini penjelasan dari perbedaan listrik statis dan dinamis.
  • Perpindahan atau aliran elektron secara terus-menerus atau kontinyu terjadi pada listrik dinamis, sedangkan hal itu tidak terjadi pada listrik statis. Perpindahan elektron secara kontinyu terjadi pada listrik dinamis dikarenakan adanya elektron pada konduktor (penghantar arus listrik) yang memang sangat mudah berpindah. Sedangkan terjadinya perpindahan elektron pada listrik statis bisa terjadi karena adanya gesekan (bisa terjadi pada beberapa kasus karena induksi) serta tidak mengalir secara kontinyu.
  • Listrik dinamis bisa diukur menggunakan alat ukur yang sudah di tentukan. Sedangkan kalau listrik setatis susah untuk diukur dalam hal tegangan listrik, arus listrik, hambatan, maupun daya listrik yang ada pada benda (seperti yang terdapat pada penggaris plastik yang bisa menarik kertas yang disobek menjaddi kecil-kecil).
  • Listrik dinamis hanya dapat terjadi pada penghantar konduktor saja, sedangkan fungsi dari isolatornya yaitu untuk mencegah pengguna dari sengatan listrik.

Seperti itulah penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang pengertian listrik dinamis dan contohnya. Semoga apa yang kami sampaikan di dalam blog temukan pengertian ini, bisa menambah pengetahuan kita.
Advertisement
Artikel Terkait

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda di sini untuk mendapatkan artikel terbaru