Pengertian Potensial listrik

Pengertian potensial listrik - Apa itu potensial listrik? Mungkin kalian ada yang sudah tahu apa arti potensial listrik, namun tak jarang juga di antara kalian ada yang masih belum tahu tentang apa yang dimaksud potensial listrik. Untuk itu bagi kalian yang masih belum tahu atau belum paham tentang apa yang dimaksud dengan potensial listrik. Maka di sini kami akan memberikan definisi potensial listrik. Selain menjelaskan arti potensial listrik juga kami berikan rumus potensial listrik dan juga contoh soal potensial listrik agar kalian lebih memahaminya. Berikut ini silahkan di simak arti dari potensial listrik dan rumus potensial listrik beserta contoh soalnya.
Pengertian Potensial listrik

Pengertian Potensial Listrik

Potensial listrik adalah banyaknya muatan yang terdapat dalam suatu benda. Beda potensial listrik (tegangan) timbul karena dua benda yang memiliki potensial listrik berbeda dihubungkan oleh suatu penghantar. Beda potensial ini berfungsi untuk mengalirkan muatan dari satu titik ke titik lainnya.

Atau bisa didefinisikan bahwa potensial listrik yaitu usaha yang dibutuhkan untuk memindahkan muatan postitif sebesar 1 satuan dari tempat yang tak terhingga ke sebuah titik tertentu. Bisa pula potensial listrik diartikan sebagai sebuah energi potensial listrik per satuan muatan penguji.

Sebuah elektron tidak akan mungkin bisa bergerak dengan sendiri dari plat A menuju ke plat B. Elektron secara alami akan bergerak mendekati muatan + serta menjauhi muatan - , jadi untuk menggerakkan dengan arah yang sebaliknya dibutuhkan sebuah usaha.
Pengertian Potensial listrik

Rumus Potensial Listrik

Usaha yang dibutuhkan untuk memindahkan sebuah muatan dari titik B ke titik A per satuan muatan disebut dengan potensial listrik. Sehingga Rumus potensial listrik adalah dengan persamaan sebagai berikut ini:
Pengertian Potensial listrik

Keterangan:
V = Potensial listrik ( Volt )
W = Usaha (J)
Q = Muatan listrik (C)

Potensial listrik sebesar 1 Volt antara 2 titik apabila dibutuhkan usaha 1 Joule untuk memindahkan muatan 1 Coulumb antara dua titik tersebut.
Pengertian Potensial listrik

Contoh Soal Potensial Listrik

Berikut ini kami berikan contoh soal potensial listrik dan pembahasannya agar kalian bisa lebih memahaminya.

Untuk bisa memindahkan muatan sebesar 10 C dari titik A ke titik B dibutuhkan usaha sebesar 200 Joule hitunglah potensial AB tersebut!

Pembahasan
Diketahui:
Q = 10 C
W = 200 Joule

Ditanyakan: V = …?

Jawaban:
V = W / Q
    = 200 Joule /10C
    = 20 J/C
    = 20 volt

Demikianlah penjelasan yang dapat kami berikan tentang apa pengertian potensial listrik, semoga penjelasan di blog temukan pengertian ini bisa menambah pengetahuan kita.

Artikel Terkait

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda di sini untuk mendapatkan artikel terbaru