Pengertian Polimerisasi Kondensasi

Pengertian polimerisasi kondensasi - Polimerisasi merupakan sebuah proses penggabungan beberapa monomer (molekul sederhana) menjadi polimer (molekul besar). Dalam polimerisasi ada yang namanya reaksi polimerisasi yaitu reaksi pembentukan polimer dari monommernya. Reaksi polimerisasi sendiri dibagi menjadi dua macam yaitu polimerisasi adisi dan polimerisasi kondensasi. Untuk polimerisasi adisi silahkan anda baca artikel yang berjudul: Pengertian Polimerisasi Adisi. Sedangkan untuk polimerisasi kondensasi akan kami bahas dalam artikel ini. Apa itu polimerisasi kondensasi? Seperti apa polimerisasi kondensasi itu? Mungkin diantara kamu ada yang sudah mengerti tentang apa yang dimaksud dengan polimerisasi kondensasi. Mungkin juga ada yang masih belum tahu tentang apa yang dimaksud polimerisasi kondensasi. Untuk itulah di sini kami akan menguraikan tentang definisi polimerisasi kondensasi atau arti dari polimerisasi kondensasi. Beriikut ini penjelasan arti polimerisasi kondensasi yang juga meliputi contoh polimerisasi kondensasi.
Pengertian Polimerisasi Kondensasi

Pengertian Polimerisasi Kondensasi

Polimerisasi kondensasi adalah reaksi pembentukan yang disertai pelepasan molekul-molekul sederhana, misalnya air. Monomer yang melakukan reaksi polimerisasi kondensasi adalah monomer-monomer yang mengandung gugus fungsional. Dalam reaksi polimerisasi kondensasi, monomer yang membentuk polimer dapat berupa monomer yang sejenis ataupun yang berbeda jenis. Misalnya, reaksi antara dua monomer asam heksanadioat (asam adipat) dan etana -1,2 –diol (etilon glikol).

Atau Pengertian Polimerisasi kondensasi adalah sebuah proses pembentukan polimer dengan penggabungan molekul-molekul kecil melalui reaksi yang melibatkan gugus fungsi, dengan diikuti lepasnya molekul kecil maupun tanpa diikuti lepasnya molekul kecil. Atau dengan kata lain, polimerisasi kondensasi hanya dilangsungkan oleh monomer yang memiliki gugus fungsional. Biasanya molekul kecil yang dilepaskan yaitu air. Selain hal itu, juga sering dihasilkan metanol sebagai efek samping dari polimerisasi kondensasi.

Contoh polimerisasi kondensasi

Contoh polimerisasi kondensasi yaitu pembentukan selulosa dari unit ulangan (monomer) yakni glukosa. Glukosa sebanyak n akan bergabung membentuk rantai serta air dalam jumlah (n-1). Dalam polimerisasi selulosa, 2 monomer glukosa bergabung, mengkondensasikan molekul air, setelah itu melepaskan atom oksigen yang menghubungkan 2 monomer. Proses ini akan terus berlanjut sampai membentuk rantai.
Pengertian Polimerisasi Kondensasi

Contoh yang lain dari polimer kondensasi yaitu poliuretan, aramid, nilon, poliurea, polikarbonat, dan poliester.

Demikianlah penjelasan yang dapat kami berikan tentang apa pengertian polimerisasi kondensasi. Semoga penjelasan diatas dari blog temukan pengertian ini bisa anda jadikan referensi.

Artikel Terkait

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda di sini untuk mendapatkan artikel terbaru