Pengertian Polipropilena

Advertisement
Pengertian polipropilena - Pertamakalinya polipropilena dipolimerisasikan di Jerman oleh Dr. Karl Rehn di Hoechst AG, pada tahun 1951 yang tidak menyadari akan pentingnya penemuan tersebut. Kemudian polipropilena ditemukan kembali pada tanggal 11 Maret 1954 oleh Giulio Natta. Pada awalnya polipropilena diyakini lebih murah jika dibandingkan dengan polietilena. Tahukah kamu apa itu polipropilena? Seperti apa yang dimaksud polipropilena? Bagi teman-teman yang masih belum tahu dengan apa yang dimaksud dengan polipropilena, maka di sini kami akan membahas tentang arti polipropilena dalam artikel polipropilena ini. Berikut ini adalah pembahasan tentang pengertian polipropilena yang terdiri dari definisi polipropilena, sifat-sifat polipropilena, dan manfaat polipropilena.
Pengertian Polipropilena

Pengertian Polipropilena

Polipropilena disebut juga dengan sebutan polipropena (PP). Polipropilena yaitu sebuah polimer termo-plastik yang dibuat oleh industri kimia dan dipergunakan dalam berbagai macam hal, diantaranya untuk pengemasan dan tekstil (contoh karpet, pakaian dalam termal, dan tali), alat tulis, perlengkapan laboratorium, uang kertas polimer dan komponen otomotif. Polipropilena merupakan polimer adisi yang terbuat dari propilena monomer, yang mempunai permukaan yang tidak rata dan mempunyai sifat resistan yang tidak biasa terhadap umumnya pelarut kimia, basa serta asam. Biasanya polipropena didaur ulang dan simbol dari daur ulangnya yaitu nomor 5.

Atau Pengertian Polipropilena adalah polimer yang tersusun atas monomer-monomer propena, melalui reaksi adisi membentuk polipropilena. Sifatnya dapat melunak dalam air panas dan kuat. Polipropilena digunakan untuk membuat tali, botol, karung, dan sebagainya.

Sifat-sifat Polipropilena

Polipropilena komersil kebanyakan merupakan isotaktik dan mempunyai kristalinitas tingkat menengah diantara polietilena yang berdensitas tinggi dengan polietilena berdensitas rendah, modulus youngnya juga menengah. Dengan penggabungan partikel karet, polipropilena dapat dibuat menjadi liat dan fleksibel, bahkan pada suhu yang rendah. Hal tersebut memperbolehkan polipropilena dipakai untuk pengganti berbagai plastik teknik, seperti ABS. Polipropilena mempunyai permukaaan yang tidak rata, sehingga seringkali lebih kaku dibanding dengan beberapa plastik lain, tergolong ekonommis, serta dapat dibuat bening (translusen) ketika tak berwarna namun tidak setransparan polistirena, akrilik dan plastik tertentu yang lainnya. Dapat pula dibuat buram maupun warna-warni dengan penggunaan pigmen, polipropilena mempunyai resistensi yang bagus sekali terhadap kelelahan (bahan).

Titik lebur yang dimiliki oleh polipropilena yaitu 160 derjat selcius atau 320 fahrenheit sebagaimana yang telah ditetapkan differential scanning calorimetry (DSC).

Melt Flow Rate (MFR) maupun Melt Flow Index (MFI) adalah sebuah indikasi berat molekulnya polipropilena dan menentukan seberapa mudahnya bahan mentah yang meleleh akan mengalir ketika berlangsungnya pengolahan. MFR polipropilena yang lebih tinggi akan mengisi cetakan plastik secara lebih mudah selama proses produksi percetakan berlangsung baik secara tiup maupun suntik. Namun pada saat alur leleh (melt flow) meningkat, maka beberapa dari sifat fisik, seperti kuat dampak akan mengalami penurunan.

Terdapat 3 tipe Polipropilena secara ummum yaitu homopolimer, random copolymer dan kopolimer blok atau impact copolymer. Comonomer yang dipakai yaitu etena. Karet etena-propilena yang ditambahkan ke homopolimer polipropilena meningkatkan kuat dampak suhu rendahnya. Monomer etena dengan berpolimer acak yang itambahkan ke hompolimer polipropilena menurunkan kristalinitas polimer serta membuat polimer akan leih tembus pandang.

Manfaat Polipropilena

Manfaat atau kegunaan polipropilena atau penggunaan polipropilena dalam kehidupan kita yaitu:
  • Polipropilena bisa dipakai untuk pengemmas makanan dan bisa juga dipakai untuk botol minuman.
  • Polipropilena bisa dibuat tali, anyaman, permadani/ karpet dan film.
  • Polipropilena lebih kuat jika dibanding dengan polietilena, sehingga banyak digunakan sebagai bahan pembuatan tali, karung dan lain-lain. Karena polipropilena lebih kuat, maka botol-botol yang dibuat dengan bahan polipropilena bisa dibuat lebih tipis dari pada menggunakan bahan polietilena.
  • Polipropilena telah dipergunakan dalam operasi memperbaiki hernia untuk melindungi tubuh dari hernia baru pada tempat yang sama. Tambalan kecil dari polipropilena yang ditaruh di tempat hernia, dibawah kulit, tidak akan menyebabkan rasa sakit dan sangat jarang ditolak oleh tubuh.
  • Polipropilena dalam bidang medis dipergunakan sebagai bahan membuat benang jahit untuk operasi yang disebut dengan prolene, yang dibuat oleh Ethicon Inc.

Demikianlah penjelasan singkat yang dapat kami bagikan tentang apa Pengertian Polipropilena. Semoga penjelasan yang kami tulis dalam blog temukan pengertian di atas bisa membantu anda.
Advertisement
Artikel Terkait

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda di sini untuk mendapatkan artikel terbaru