Pengertian Rangkaian Hambatan Seri

Advertisement
Pengertian rangkaian hambatan seri - Dalam sebuah rangkaian listrik dinamis terdapat hambatan atau yang dikenal dengan resistor. Hambatan/ resistor yaitu komponen dari rangkaian listrik yang fungsinya untuk menghambat arus listrik. Sebuah hambatan bisa dirangkai atau di susun melalui 3 cara yaitu secara seri, pararel dan campuran. Dalam artikel ini kami akan membahas tentang apa yang dimaksud dengan rangkaian hambatan seri. Untuk yang rangkaian hambatan pararel dan campuran akan kami ulas dalam artikel selanjutnya. Tahukah kamu apa yang dimaksud rangkaian hambatan seri? Untuk apakah fungsi rangkaian hambatan seri? Bagi kamu yang belum tahu maka bisa menyimak penjelasan dari kami di sini tentang apa itu rangkaian hambatan seri, apa fungsi rangkaian hambatan seri, dan juga rumus rangkaian hambatan seri beserta contoh soal rangkaian hambatan seri.
Pengertian Rangkaian Hambatan Seri

Pengertian Rangkaian Hambatan Seri

Rangkaian hambatan seri adalah rangkaian hambatan atau resistor yang disusun secara berurutan (segaris). Pada rangkaian hambatan seri yang dihubungkan dengan sebuah sumber tegangan, besar kuat arus di setiap titik dalam rangkaian tersebut ialah sama. Jadi, seluruh hambatan yang terpasang pada rangkaian tersebut dialiri oleh arus listrik yang besarnya sama. Jika salah satu dari hambatan ada yang terputus, maka arus listrik pada rangkaian tersebut juga akan mengalami putus atau tidak dapat mengalir.

Gambar rangkaian hambatan seri adalah sebagai berikut ini:
Pengertian Rangkaian Hambatan Seri

Fungsi Rangkaian Hambatan Seri

Fungsi rangkaian hambatan seri adalah sebagai untuk memperbesar hambatan dan membagi tegangan. Hambatan yang disusun secara seri akan mempunyai hambatan pengganti yang lebih besar dan akan memperkecil tegangan.

Rumus Rangkaian Hambatan Seri

Dalam hambatan yang dirangkai secara seri berlaku rumus dan ketentuan berikut ini.
  • Pada rangkaian seri hambatan pengganti sama dengan jumlah dari tiap hambatan yang terdapat pada sebuah rangkaian. Rumus hambatan pengganti rangkaian seri adalah sebagai berikut:
Rs = R1 + R2 + R3 + R4 + R5 + … + Rn
  • Kuat arus yang melalui tiap-tiap hambatan ialah sama. Nilai hambatan tersebut sama juga dengan nilai hambatan penggantinya.
I1 = I2 = I3 = I4 = … = Is
  • Tegangan yang terdapat pada hambatan pengganti sama dengan jumlah seluruh tegangan pada masing-masing hambatannya.
Vs = V1 + V2 + V3 + V4 + … + Vn
  • Tegangan pada masing-masing hambatan sebanding dengan hambatannya. Jadi apabila semakin besar hambatan maka akan semakin besar juga tegangannya.
V1 : V2 : V3 : … : Vn = R1 : R2 : R3 : … : Rn

Contoh Soal Rangkaian Hambatan Seri

Terdapat 4 buah hambatan, yang tiap-tiap hambatan bernilai 50 ohm dan disusun secara seri. Lalu di bagian ujung-ujungnya dihubungkan dengan summber tegangan sebesar 30 Volt. Sekarang tentukanlah kuat arus yang mengalir pada rangkaian tersebut.

Jawaban:
Dalam rangkaian seri besarnya kuat arus pada masing-masing hambatan ialah sama besar. Jadi kita perlu menentukan nilai hambatan pengganti.

Rs = R1 + R2 + R3 + R4
Rs = 50 + 50 + 50 + 50
Rs = 200 ohm
V = I X R
I = V / Rs
I = 30 / 200
I = 0.15 Ampere

Demikianlah penjelasan yang dapat kami berikan tentang pengertian rangkaian hambatan seri. Semoga apa yang telah kami tuliskan dalam blog temukan pengertian di atas dapat bermanfaat.
Advertisement
Artikel Terkait

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda di sini untuk mendapatkan artikel terbaru