Pengertian Rayon

Pengertian Rayon - Kita mungkin sering mendengar busana atau pakaian berbahan rayon bahkan mungkin pernah mengenakan pakaian yang berbahan rayon. Namun tahukah kamu apa itu rayon? apa kegunaannya, apa seja jenis jenisnya? Bagi kamu tentunya ada yang sudah tahu apa yang dimaksud rayon, ada juga yang belum tahu apa yang dimaksud dengan rayon. Maka dari situlah di sini kami akan menjelaskan tentang arti rayon atau definisi rayon. Dalam penjelasan ini nantinya juga akan kami jelaskan tentang kegunaan rayon, tekstur rayon, jenis-jenis rayon, dan pembuatan rayon. Silahkan simak berikut ini penjelasannya, mohon dibaca sampai selesai biar dapat lebih memahaminya.
Pengertian Rayon

Pengertian Rayon

Istilah Rayon biasa disebut xantat. Rayon adalah salah satu jenis polimer turunan yang dibuat dari reaksi antara selulosa dengan NaOH dan CS2. Rayon banyak digunakan sebagai bahan sandang.

Rayon atau yang dikenal dengan kain rayon adalah kain yang terbuat dari serat hasil regenerasi selulosa. Serat yang digunakan sebagai benang rayon berasal dari polimer organik, sehingga dapat disebutdengan serat semisintesis karena tidak dapat dikategorikan sebagai serat alami maupun serat sintetis yang sebenarnya. Kain rayon dalam industri tekstil dikenal sebagai sutra buatan atau rayon viskosa. Biasanya kain rayon terlihat berkilau serta tidak akan mudah kusut. Serat rayon mempunyai unsur kimia karbon, oksigen dan hidrogen.

Kegunaan rayon

Kegunaan kain rayon secara luas digunakan dalam industri garmen sebagai bahan pakaian serta perlengkapan busana, seperti jas, jaket, daster, syal, pakaian dalam, dasi, topi, kaos kaki serta kain pelapis sepatu. Selain itu kain rayon juga digunakan sebagai kain alas serta perlengkapan perabotan rumah tangga seperti (tirai, selimut, seprai) dan alat-alat kebutuhan industri (benang ban, kain untuk perabot rumah sakit, serta barang kesehatan pribadi seperti (popok dan pembalut). Kain rayon di Indonesia merupakan bahan baku yang digunakan dalam industri kain dan baju batik.

Tekstur Kain Rayon

Berikut ini adalah tekstur kain rayon yang dapat anda lihat.

Tekstur rayon agak sedikit halus dan licin serta lembut. Keistimewaan kain rayon yaitu dingin ketika dikenakan. Jadi kain berbahan rayon sangat cocok digunakan di iklim yang tropis seperti di Indonesia yang hawanya cenderung panas. Selain itu kain rayon mempunyai daya serap yang baik dan tidak membuat pemakainya merasa kegerahan.

Jenis Jenis Rayon

Berikut ini adalah jenis jenis kain rayon:
  1. Rayon Spandex yang banyak digunakan sebagai pakaian olahraga, kaos, dan juga banyak digunakan sebagai Jilbab.
  2. Rayon Jersey banyak digunakan sebagai bahan untuk dress, gamis, bahkan rok panjang juga.
  3. Rayon PE / Polyester banyak digunakan sebagai mukena.
  4. Rayon Crinkle banayak digunakan untuk dress.

Pembuatan Rayon

Secara umum ada 2 kategori bahan dalam pembuatan kain yaitu dari serat alami dan serat buatan. Serat alami terbuat dari bahan yang terdapat pada tumbuhan ataupun binatang. Sedangkan serat buatan atau disebut sintetis dibuat dari sebuah proses senyawa kimia.

Bahan baku pembuatan rayon basisnya adalah serat alam, yang dibuat dari selulosa pulp kayu. Bahan kayu yang banyakd digunakan sebagai bahan dasar rayon adalah berasal dari pohon cemaran dan pohon pinus. Meskipun basisnya adalah serat alami, namun sekarang ini proses pembuatan kain rayon sudah berkembang sedemikian jauh.

Serat yang menjadi bahan untuk benang kain rayon yaitu berasal dari polimer organik, dalam pembuatannya terdapat regenerasi proses kimiawi, sehingga serat rayon tidak dapat digolongkan sebagai serat sintetis atau serat alami. Maka munculah nama baru yang disematkan pada rayon yakni serat semi sintetis.

Itulah sedikit penjelasan yang dapat kami bagikan pada hari ini tentang pengertian rayon. Semoga apa yang kami jelaskan dalam blog temukan pengertian ini bisa dipahami.

Artikel Terkait

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda di sini untuk mendapatkan artikel terbaru