Pengertian Susunan Paralel

Advertisement
Pengertian susunan paralel – Komponen rangkaian elektronik atau rangkaian listrik dapat dihubungkan melalui beragam cara. Ada dua macam tipe yang sederhana yang digunakan yaitu susunan seri dan susunan paralel.  Rangkaian yang tersusun secara sejajar disebut susunan seri, untuk penjelasan tentang susunan seri silahkan baca artikel yang berjudul: Pengertian Susunan Seri. Nah untuk susunan paralel akan kami ulas dalam artikel ini. Sebelumnya tahukah kamu apa itu susunan paralel? Seperti apa sih apa yang dimaksud susunan paralel itu? Mungkin kamu pernah mendengar istilah susunan paralel namun belum bisa memberikan definisi susunan paralel itu sendiri. Untuk itulah di sini kami akan mengulas apa yang dimaksud susuna paralel.
Pengertian Susunan Paralel

Pengertian Susunan Paralel

Susunan Paralel adalah susunan dua atau lebih kapasitor dengan kutub-kutub yang sama pada ujung yang sama. Pada susunan kapasitor paralel, muatan listrik pada kapasitor pengganti sama dengan jumlah muatan listrik masing-masing kapasitor, tetapi beda potensial pada ujung-ujung kapasitor pengganti sama dengan beda potensial pada masing-masing kapasitor.

Atau pengertian susunan paralel yaitu rangkaian yang disusun secara berderet. Pada susunan paralel , teganan yang melalui setiap komponen adalah sama, dan total arusyaitu jumlahan arus yang melalui setiap komponen. Anggap saja sebuah komponen sederhana yang terdiri atas 4 macam lampu dengan satu baterai 6 V. Apabila keempat lamput yang terhubung secara paralel, arus yang melewati setiap lampu akan digabungkan, sedangkan voltage drop turun melewati setiap lampu dan semuanya dapat menyala.

Dapat pula di definisikan susunan listrik paralel yaitu sebuah rangkaian listrik, di mana seluruh input komponen bersumber dari sumber yang sama. Semua komponen antara satu dengan yang lain tersusun paralel. Hal itulah yang mengakibatkan susunan paralel pada rangkaian listrik menghabiskan biaya yang lebih banyak dibanding dengan susunan seri. Karena untuk menyusun secara paralel diperlukan kabel penghubung yang lebih banyak. Meskipun mempunyai kelemahan biaya yang banyak, namun susunan paralel mempunyai kelebihan dibanding susunan seri. Kelebiahan susunan paralel yaitu apabila salah satu komponen rusak atau dicabut, maka komponen yang lainnya akan tetap berfungsi sebagaimana mestinya.

Bentuk Susunan Paralel

Bentuk dari susunan paralel adalah sebagai berikut ini:
Pengertian Susunan Paralel

Jumlah kebalikan hambatan total pada susunan paralel sama dengan jumlah dari kebalikan hambatan tiap-tiap komponen atau resistor.

Demikianlah penjelasan yang dapat kami berikan tentang pengertian susunan paralel. Semoga penjelasan di blog temukan pengertian ini dapat memberikan manfaat.
Advertisement
Artikel Terkait

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda di sini untuk mendapatkan artikel terbaru