Pengertian Susunan Seri

Advertisement
Pengertian susunan seri – Komponen sebuah rangkaian elektronik atau rangkaian listrik bisa dihubungkan dengan berbagai cara. 2 tipe paling sederhana yaitu dengan susunan seri dan susunan paralel. Nah dalam pembahasan kali ini kami akan membahas tentang apa itu susunan seri. Untuk penjelasan susunan paralel bisa kamu baca dalam artikel yang berjudul: Pengertian susunan paralel. Oke langsung saja berikut ini penjelasan dari kami tentang arti susunan seri, silahkan kamu baca sampai selesai dan pahamilah.
Pengertian Susunan seri

Pengertian Susunan Seri

Susunan seri adalah susunan dua atau lebih kapasitor dengan ujung-ujung yang disambungkan secara beruntun. Pada susunan kapasitor seri, muatan listrik pada masing-masing kapasitor sama dengan muatan listrik pada kapasitor pengganti, tetapi beda potensial pada ujung-ujung kapasitor pengganti sama dengan jumlah beda potensial pada masing-masing kapasitor.


Susunan seri merupakan sebuah rangkaian yang disusun secara sejajar. Sebuah komponen yang tersusun secara seri makan akan terhubung melalui satu jalur, sehingga akan membuat aliran arus listrik mengalir ke seluruh komponen. Misalnya sebuah rangkaian sederhana yang terdiri atas 4 buah lampu dan 1 baterai 6 V. Apabila keempat lampu tersebut tersusun seri, maka arus yang akan melewati setiap lampu sama dan voltage drop turun 1.5 V setiap lampunya, yang mungkin tidak akan cukup untuk menyalakan semua lampu tersebut.

Bentuk Susunan seri

Berikut ini adalah bentuk susunan seri:
Pengertian Susunan Seri

Arus
Pada sebuah rangkaian seri, arus yang lewat besarnya sama setiap eleman.
Pengertian Susunan Seri

Resistor
Pada rangkaian seri total hambatan resistor sama dengan jumlahan tiap-tiap hambatan:
Pengertian Susunan Seri

Konduktansi listrik berkebalikan dengan hambatan. Pada rangkaian seri total konduktansi dari resistor bisa dihutung dengan persamaan berikut ini:
Pengertian Susunan Seri

Untuk kasus khusus dengan 2 resistor yang disusun secara seri, total konduktansi sama dengan:
Pengertian Susunan Seri

Induktor
Untuk induktor juga mengikuti hukum yang sama:
Pengertian Susunan Seri

Tetapi, pada beberapa kasus sulit menghindari induktor yang berdekatan untuk saling mempengaruhi, sebab medan magnet dari sebuah elemen akan tersambung dengan eleman yang lain. Pengaruh ini didefinisikan pada sebuah induksi-saling M. Apabila 2 induktor disusun secara seri, maka ada kemungkinan besarnya induktansi sama tergantung dari medan magnet dari kedua induktor mempengaruhi satu dengan yang lain.

Kapasitor
Untuk kapasitor mengikuti hukum berkebalikan. Total kapasitansi yang disusun secara seri sama dengan dari jumlah kebalikan tiap-tiap elemen:
Pengertian Susunan Seri

Itulah informasi yang bisa kami berikan tentang pengertian susunan seri. Semoga penjelasan dalam blog temukan pengertian ini bisa menambah pengetahuan kita.
Advertisement
Artikel Terkait

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda di sini untuk mendapatkan artikel terbaru