Pengertian Teflon

Advertisement
Pengertian Teflon - Teflon merupakan sebuah nama dagang dari sebuah senyawa polimer yang telah diciptakan oleh seorang yang bernama Roy J. Plunkett (1910 – 1994) di DuoPont pada tahun 1938 kemudian diperkenalkan sebagai produk yang dikomersialkan di tahun 1946. Senyawa tersebut merupakan sebuah fluoropolimer termoplastik. Apa itu teflon? Seperti apa yang dimaksud teflon? Bagi anda yang belum tahu tentang apa yang dimaksud dengan teflon, maka di sini kami akan mengulas definisi teflon. Dalam penjelasan ini tidak hanya kami jelaskan arti teflon saja tetapi juga sifat teflon dan juga kegunaan teflon.
Pengertian Teflon

Pengertian Teflon

Teflon adalah polimer yang tersusun atas monomer tetrafluoro etena. Teflon memiliki sifat tahan panas, sangat stabil, gesekan kecil dan lentur, serta sangat keras. Teflon digunakan untuk alat-alat yang tahan terhadap bahan kimia, misalnya pelapis tangki bahan kimia dan pelapis panci antilengket.

Teflon ialah sebuah polimer yang sifatnya termoplastik, kuat dan ulet dengan permukaannya yang licin seperti berminyak, tahan terhadap zat kimia, tidak mudah untuk terbakar, isolator listrik yang baik. Seluruh hidrogen polimer ini diganti oleh fluor. Sebagai monomer adalah tetrafluoroetilena

Teflon tersusun dari monomer-monomer tetrafluorotena.
Pengertian Teflon

Teflon juga disebut dengan PTFE (Politetrafluoroetilena) atau polimer etilena fluorin.
Pengertian Teflon

Teflon juga dipakai untuk merek dagang polimer yang mempunyai sifat serupa yakni PFA (resin polimer perfluoroalkoksi):
Pengertian Teflon

PTFE mempunyai koefisien gesek terendah dari bermacam-macam bahan padat yang dapat dipergunakan. PTFE dipergunakan sebagai pelapis antilengket untuk wajan, panci serta peralatan untuk memasak yang lainnya. PTFE sangat tidak reaktif dan sering dipakai sebagai bahan wadah serta pipa untuk bahan kimia yang reaktif. Mempunyai titik leleh yang bervariasi antara 260 derjat celcius (FEP) dan 327 derjat celcius (PTFE), tergantung pada polimer teflon tertentu.

Sifat Teflon

Sifat teflon adalah:
  1. Mempunyai titik leleh 327 °C.
  2. Tahan terhadap panas.
  3. Tahan terhadap zat kimia, dipergunakan untuk alat-alat yang tahan terhadap bahan kimia, seperti pelapis tangki bahan kimia, pelapis panci dan wajan anti lengket.

Kegunaan Teflon

Kegunaan teflon adalah digunakan sebagai bahan poros mesin kecil, menggantikan kaca untuk tutup botol dan keran alat laboratorium, memperapat sambungan ulir, pelapis bahan yang tahan panas seperti wajan, panci dan kuali sehingga masakan menjadi tidak lengket, pelapis tangki di pabrik kimia, dan juga sebagai pelapis dasar alat setrika. Peluru yang berbahan dari teflon akan lebih besar daya tembusnya jika dibandingkan dengan baja ataupun aliase timbel.

Itulah Pengertian Teflon yang dapat kami uraikan. Semoga urian dalam blog temukan pengertian ini dapat bermanfaat. Sekian dulu penjelasan dari kami terimakasih atas perhatiannya.
Advertisement
Artikel Terkait

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda di sini untuk mendapatkan artikel terbaru