Pengertian Unsur Ekstrinsik

Pengertian Unsur Ekstrinsik - Dalam sebuah karya sastra prosa fiksi terdapat 2 unsur yang membentuknya. Unsur pembentuk prosa fiksi yaitu terdiri dari unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik. Untuk unsur Intrinsik anda bisa membaca artikel: Pengertian Unsur Intrinsik. Sedangkan untuk unsur ekstrinsik akan kami bahas dalam artikel ini.
Pengertian Unsur Ekstrinsik

Pengertian Unsur Ekstrinsik

Unsur Ekstrinsik adalah unsur-unsur yang berada di luar karya sastra dan secara tidak langsung ikut membangun karya sastra. Jadi pengarang membuat tinjauan lain yang bisa mendukung terbentuknya sebuah karya sastra. Tinjauan tersebut misalnya biografi pengarang, kondisi sosial-budaya, kondisi politik, agama, moral, dan filsafat. Karya sastra menjadi semkin bermakna dengan adanya unsur-unsur tersebut. Berikut ini penjelasannya.

- Biografi/ Sejarah pengarang
Biografi atau sejarah pengarang sangat berpengaruh sekali terhadap jalan cerita yang terdapat dalam sebuah karya sastra yang dibuat oleh seorang pengarag.

- Kondisi sosial-budaya
kondisi sosial merupakan kondisi yang berhubungan dengan norma-norma yang ada dalam kehidupan masyarakat (adanya tenggang rasa, saling menolong, saling memberi). Sedangkan kondisi budaya merupakan konsep masalah dasar yang begitu penting dan mempunyai nilai dalam kehidupan manusia (kesenia, kepercayaan, upacara adat, adat istiadat). Kondisi sosial maupun kondisi budaya yang ada di lingkungan pengarang berperan penting dalam terbentuknya sebuah karya sastra.

- Kondisi politik merupakan keadaan politik yang ada di lingkungan pengarang ketika membuat sebuah karya sastra. Atau kondisi politik yang mempengaruhi seorang pengarang dalam membuat sebuah karya sastra.

- Nilai Moral merupakan nilai yang berhubungan dengan kepribadian atau budi pekerti atau akhlak seseorang entah itu baik maupun buruk. Budi pekerti atau keperibadian seorang pengarang juga memberikan pengaruh terhadap karya yang akan ia buat.

- Nilai Agama merupakan adalah sikap atau perilaku yang didasarkan pada kaidah atau aturan agama yang kita anut. Nilai agama yang di anut seeorang pengarang memberikan pengaruh terhadap terbentuknya karya yang akan dibuatnya.

- Nilai filsafat merupakan suatu pendirian hidup dan bisa juga pandangan hidup masyarakat. Jadi pendirian hidup seorang pengarang juga berpengaruh terhadap pembentukan sebuah karya yang akan dibuatnya selain itu pandangan hidup dari masyarakat yang ada di lingkungannya juga dapat mempengaruhinya.

Pengertian Unsur Ekstrinsik Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah beberapa pengertian unsur ekstrinsik menurut beberapa para ahli.

Pengertian unsur ekstrinsik menurut Wellek dan Warren (1956)
Unsur ekstrinsik adalah keadaan subjektivitas pengarang tentang sikap, kayakinan serta pandangan hidup yang menjadi latarbelakang terlahirnya sebuah karya fiksi, bisa dikatakan kalau unsur biografi pengarang dapat menentukan ciri karya yang dihasilkan.

Pengertian unsur ekstrinsik menurut Nurgiyanto (2009:23)
Unsur ekstrinsik adalah unsur yang berada di luar sebuah karya fiksi yang berpengaruh terhadap lahirnya karya tetapi tidak menjadi bagian di dalam karya fiksi itu sendiri.

Itulah penjelasan yang dapat kami berikan tentang Pengertian Unsur Ekstrinsik. Semoga penjelasan yang ada di blog Temukan Pengertian ini bisa membantu anda.

Artikel Terkait

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda di sini untuk mendapatkan artikel terbaru