Pengertian Prosa Nonfiksi

Advertisement
Pengertian Prosa Nonfiksi - Posa merupakan sebuah karya sastra yang berbentuk cerita bebas. Prosa tidak seperti pusisi yang terikat oleh irama, rima dan juga kemerduan bunyi. Prosa terdiri dari 2 macam yaitu prosa fiksi dan prosa nonfiksi. Untuk prosa fiksi silahkan baca penjelasannya dalam artikel yang berjudul: Pengertian prosa fiksi. Lalu apa yang dimaksud prosa nonfiksi? untuk prosa nonfiksi akan kami bahas dalam artikel ini.
Prosa nonfiksi yaitu

Pengertian Prosa Nonfiksi

Prosa nonfiksi adalah karangan yang tidak berdasarkan rekaan atau khayalan pengarang, tetapi berisi hal-hal yang berupa informasi faktual (kenyataan) atau berdasarkan pengamatan pengarang. Karangan ini diungkapkan secara sistematik, kronologis, atau kilas balik dengan menggunakan bahasa semifor-mal. Karangan ini berbentuk eksposisi, persuasi, deskripsi, atau campuran. Prosa nonfiksi disebut juga karangan semiilmiah. Karangan yang termasuk karangan semiilmiah adalah artikel, tajuk rencana, opini, feature, tips, biografi, reportase, iklan, pidato, dan sebagainya.

Atau dengan kata lain Prosa Non fiksi yaitu sebuah karangan atau tulisan yang dihasilkan dalam bentuk cerita yang nyata atau cerita pada kehidupan sehari-hari yang dituangkan ke dalam bentuk tulisan. Karangna non fiksi merupakan sebuah karangan yang dibuat dengan dasar realita, fakta, atau hal yang memang benar terjadi dalam kehidupan sehari-hari kita.

Perbedaan Prosa Fiksi dan Nonfiksi

Letak perbedaan antara prosa fiksi dengan nonfiksi yaitu pada masalah faktual atau tidaknnya dan imajiner atau tidaknya. Antara prosa fiksi dan nonfiksi perbedaannya tidak ada kaitannya dengan gaya bahasa atau apapun selain masalah khayalan atau fakta. Prosa fiksi adalah prosa yang bersifat tidak nyata (imajinatif). Sedangkan prosa nonfiksi merupakan prosa nyata (yang diambil dari kisah nyata).

Jenis Jenis Prosa Nonfiksi

Jenis prosa non fiksi dibagi menjadi 2 macam yaitu :
  • Nonfiksi Murni adalah karya yang isinya pengembangan data-data yang otentik.
  • Nonfiksi Kreatif adalah karya yang bermula dari data otentik lalu pengembangannya berdasarkan imajinatif yang umumnya dalam bentuk prosa, puisi  dan novel.

Yang Termasuk Prosa Nonfiksi

Berikut ini adalah karya yang termasuk dalam prosa fiksi meliputi: , tajuk rencana, opini, feature, tips, biografi, reportase, iklan, pidato, dan lain-lain. Berikut ini penjelasannya.
Artikel
Artikel adalah sebuah karangan yangisinya pemaparan atau uraian yang mepunyai ciri-ciri berikut ini:
  1. Sumber isi karangan dari fakta bukan sekedar realita.
  2. Lebih bersifat faktual dengan menguraikan data-data yang diketahui oleh pengarang bukan relaita (yang sudah umum diketahui).
  3. Uraian bukan sepenuhnya hasil dari pemikiran pengarang, namun mengungkapkan fakta berdasarkan narasumber atau objeknya.
  4. Isi artikel bisa memaparkan apapun. Misalnya kisah perjalanan, pariwisata, kisah pengalaman orang lain, profil tokoh, humor atau satir.

Tajuk Rencana
Tajuk rencana atau disebut dengan editorial merupakan sebuah karangan yang sifatnya argumentative yang ditulis oleh redaktur media massa tentang hal-hal yang aktual dan faktual (banyak dibincangkan orang atau sedang terjadi). Isi tajuk merupakan tanggapan atau pandangan dari penulisanya tentang sebuah peristiwa atau permasalahan.

Opini
Opini adalah tulisan yang isinya tentang pikiran, pendapat, ataupun pendirian seseorang akan sesuatu. Opini dapat digolongkan dalam bentuk prosa faktual walaupun masih bersifat pendapat penulisnya, akan tetapi dalam opini tetap diungkapkan berbagai macam alasan yang bisa menguatkan pendapat tersebut.

Feature
Feature sering disebut dengan ficer adalah semacam artikel eksposisi yang memberikan tekanan dalam aspek tertentu yang dianggap perlu atau menarik untuk ditonjolkan dari suatu peristiwa atau objek yang mempunyai daya tarik secara pribadi, emosional atau yang bersifat humor. Isi dari feature bukanlah berita yang aktual namun kejadian yangsudah belalu.

Biografi
Biografi adalah riwayat atau kisah kehidupan seorang tokoh yang dituliskan oleh orang lain. Biografi ditulis dengan bermacam-macam tujuan. Salah satu tujuan penulisan biografi ialah untuk memberikan suatu informasi bagi pembaca mengenai latar belakang kehidupan tokoh sejak ia kecil sampai mencapai karir dalam kehidupannya. Apabila tokoh tersebut sendiri yang menulisnya maka disebut dengan otobiografi. Biografi tergolong dalam prosa faktual atau prosa naratif ekspositoris yang mengungkapkan fakta-fakta yang nyata.

Tips
Tips adalah sebuah karangan yang isinya urian mengenai langkah-langkah atau cara operasional dalam membuat atau melakukan sesuatu. Tips disajikan dengan sederhana, ringan dan bahasa yang populer. Karangan seperti ini termasuk kedalam jenis artikel ekspositoris.

Reportase
Reportase adalah sebuah karangan yang berbentuk hasil laporan dari liputan suatu kejadian atau peristiwa yang sedang berlangsung atau belum lama berlangsung untuk kebutuhan berita pada media massa. Reportase sifatnya adalah informasi yang aktual. Contoh reportase adalah berita langsung mengenai kejadian bencana alam banjir di jakarta, gempa jogja dan lain-lain.

Jurnalisme baru (new jurnalism)
Jurnalisme baru adalah sejenis berita yang dituliskan dengna bentuk cerpen atau novel. Dikarenakan jurnalisme bentuknya cerita, maka unsur-unsur pembangun cerita seperti alur, penokohan, latar dan konflik tetap ada walaupun isinya adalah kejadian yang sebenarnya (fakta). Contoh jurnalisme baru yaitu  kisah kusni kasdut, yang menceritakan tentang penjahat besar di era tahun 1960an di Indonesia.

Iklan
Iklan adalah sebuah informasi yang disajikan melalui media massa, surat edaran atau bulletin yang tujuannya untuk mempromosikan atau memberitahukan tentang seuatu barang atau jasa kepada khalayak untuk keperluan bisnis, pelayanan publik atau pengumuman. Iklan terdiri dari iklan keluarga, undangan, penerangan, pengumuman, lowongan pekerjaan, niaga dan lain-lain.
Ciri-ciri bahasa dalam iklan yaitu:
  1. Menggunakan kalimat yang singkat, yang hanya menonjolkan bagian yang dipentingkan.
  2. Uraian yang diberikan bersifat informatif dan persuasif.
  3. Kata-kata yang digunakan terpilih dan dapat menarik perhatian orang untuk mengetahui, mencoba dan rasa ingin memiliki.

Pidato atau khotbah
Khotbah atau Pidato adalah aktivitas yang mengungkapkan ide, pikiran, dan gagasan secara lisan dalam bentuk rangkaian kata-kata ataupun kalimat kepada orang banyak untuk suatu tujuan tertentu. Biasanya pidato dilaksanakan dalam acara yang resmi, seremonial, dan juga pertemuan-pertemuan ilmiah. Pidato termasuk dalamm bentuk komunikasi searah sebab terdiri dari satu orang pemberi pidato dan banyak orang sebagai pendngar. Dalam berpidato bahasa yang digunakan serta isi dari pidato disesuaikan dengan audience/ pendengar berdasarkan usia, tingkat pemikiran, pendidikan dan topik pencarian. Di bawah ini adalah bagian-bagian pidato:
  1. Bagian pembukaan isinya yaitu: salam pembuka, sapaan, pujian kepada tuhan, penegasan konteks acara atau pertemuan.
  2. Bagian isi berupa uraian pidato sesuai dengan yang sudah direncanakan atau yang ingin disampaikan.
  3. Penutu pidato isinya yaitu: tentang kesimpulan isi pidato, himbauan atau harapan-harapan, ucapan terimakasih serta permohonan maaf, yang terakhir salam penutup.

Dalam menyimak pidato terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan:
  1. Simaklah isi pidato secara seksama dari mulai sampai selesai.
  2. Pahamilah gagasan, pendapat ataupun pesan yang akan disampaikan dalam berpidato.
  3. Catatlah atau ingatlah tentang hal-hal penting yang ada dalam uraian pidato dan berikan komentar. 

Demikianlah penjelasan dari kami tentang apa Pengertian Prosa Nonfiksi, semoga artikel dalam bolg temukan pengertian ini dapat memberikan manfaat untuk anda.
Advertisement
Artikel Terkait

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda di sini untuk mendapatkan artikel terbaru