Pengertian Warming Up

Pengertian Warming Up - Sebelum kita melakukan olahraga, kita perlu mempersiapkan keadaandan dan psikis tubuh secara optimal dengan cara melakukan warming up. Warming up biasanya sering kita lakukaan saat memulai berolahraga atau saat sebelum melakukan pertantandingan olahraga.  Tahukah kamu apa itu warming up? Mungkin diantara kamu sudah tahu apa maksud warming up. Bagi yang belum tahu apa yang dimaksud warming up. Maka di sini kami akan menjelaskan tentang arti warming up atau definisi warming up.  Berikut ini adalah penjelasan tentang warming up yang meliputi pengertian warming up dan manfaatnya juga akibat tidak melakukan warming up.
Pengertian Warming Up

Pengertian Warming Up

Warming up adalah pemanasan yang merupakan tahap awal sebelum melakukan olahraga seperti senam aerobik, atau sebelum melakukan latihan atau pertandingan. Pada umumnya Warming Up dilakukan lebih kurang dari 15 menit. Fase ini diawali dengan kegiatan stretching yaitu penguluran otot-otot tubuh dan dilanjutkan dengan gerakan dinamis pemanasan. Tujuan dari latihan ini adalah untuk meningkatkan elastisitas otot dan ligamen di sekitar persendian, sehingga dapat mencegah kemungkinan cedera yang berbahaya. Selain itu, pemanasan juga dapat meningkatkan suhu tubuh dan denyut nadi, untuk menyiapkan tubuh menghadapi latihan yang lebih intensif.

Manfaat warming up

Manfaat Warming Up sebelum melakukan olahraga adalah sebagai berikut ini.
  • Dapat memperlancar aliran darah melalui otot-otot aktif.
  • Dapat meningkatkan suhu tubuh dan jaringan-jaringannya.
  • Dapat menaikkan tingkat energi yang dikeluarkan oleh metabolisme tubuh.
  • Dapat meningkatkan detak jantung sehingga bisa mempersiapkan kerja sistem jantung dan juga pembuluh darah.
  • Dapat meningkatkan kecepatan perjalanan sinyal syaraf yang mengendalikan gerakan tubuh.
  • Dapat memperlancar pertukaran atau peningkatan oksigen dalam hemoglobin.
  • Dapat mengurangi ketegangan pada otot.
  • Dapat meningkatkan efisiensi dalam proses reciprocal innervation, sehingga bisa mempermudah otot-otot berkontraksi serta rileks secara efisien dan cepat.
  • Dapat meningkatkan kapasitas kerja fisik seorang atlet dan juga meningkatkan kondisi tubuh seorang atlet secara psikologis.
  • Dapat meningkatkan kemampuan jaringan penghubung dalam gerakan meregang atau memanjang.

Itulah manfaat warming up dalam olahraga. Jadi anda perlu tahu manfaat warming up sebelum berolahraga karena itu adalah hal penting dalam berolahraga.

Akibat tidak melakukan Warming Up

Bisa mengakibatkan cidera otot dan sendi. Cedara tersebut bisa sangat mengganggu aktivitas dan mungkin perlu perawatan medis yang lebih lanjut. Cidera otot dapat berupa terkilir, kesleo, kram otot, salah urat, sakit otot dan lain-lain.

Sekarang anda sudah mengerti kan Pengertian Warming Up itu seperti apa. Sekian dari saya semoga penjelasan dalam blog temukan pengertian ini bermanfaat untuk anda..

Artikel Terkait

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda di sini untuk mendapatkan artikel terbaru