--> Skip to main content
Menu

Pengertian Asas Tanggung Jawab Negara

Pengertian asas tanggung jawab negara - Dalam perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup negara mempunyai asas dan tanggung jawab. Lalu apa itu asas tanggung jawab negara?. Apa sih maksud dari asas tanggung jawab negara itu?. Mungkin kalian ada yang sudah mengetahuinya? Namun untuk klian yang masih belum mengetahuinya tentang apa yang dimaksud asas tanggung jawab negara. Maka di sini kami akan mengulas tentang apa yang dimaksud dengan asas tanggung jawab negara. Silahkan simak penjelasannya berikut ini.

Pengertian Asas tanggung jawab negara

Pengertian Asas Tanggung Jawab Negara

Lingkungan hidup merupakan salah satu bidang yang perlu diperhatikan oleh negara, karena adanya asas tanggung jawab negara di dalam proses perlindungan dan pengelolaannya. Negara akan melakukan beberapa hal dalam bidang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup berdasarkan asas tanggung jawab negara.

Asas tanggung jawab negara artinya sebagai berikut:

  • Negara memberikan jaminan pemanfaatan sumber daya alam yang akan memberikan manfaat yang besar untuk kesejahteraan serta mutu hidup masyarakat, baik generasi sekarang maupun generasi yang akan datang.
  • Negara memberikan jaminan hak warga negara atas lingkungan hidup yang baik serta sehat.
  • Negara mencegah dilaksanakannya kegiatan pemanfaatan sumber daya alam yang dapat menyebabkan kerusakan dan/ atau pencemaran terhadap lingkungan hidup.

Berdasarkan dari asas tanggung jawab negara, negara akan menjamin pemanfaatan sumber daya alam yang akan dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi kesejahteraan serta mutu hidup rakyat, baik generasi sekarang maupun generasi mendatang dengan tujuan dilakukannya pembangunan yang berkelanjutan.

Demikianlah yang dapat kami jelaskan tentang pengertian asas tanggung jawab negara. Semoga apa yang telah kemi tuliskan pada blog temukan pengertian di atas dapat bisa membantu anda.